PENGARUH HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CAFE SAP KEDIRI

Authors

  • Rambu Dyah Ayu Yaya H.R Universitas Islam Kadiri
  • Heru Sutapa Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.55606/optimal.v2i3.459

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe SAP Kota Kediri Jawa Timur Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan diimplementasikan pada 96 konsumen pengunjung Cafe SAP Kota Kediri. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 16. Penelitian dilakukan dengan cara non probability sampling dan menggunakan metode accidental sampling. Sedangkan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach sedangkan Regresi linier berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Cafe SAP Kota Kediri demikian juga untuk  kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan uji parsial (uji t) terdapat hubungan positif variabel harga terhadap kepuasan konsumen Cafe SAP Kota Kediri , serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Cafe SAP Kota Kediri . Demikian pula uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Cafe SAP Kota Kediri. Nilai R Square sebesar sebesar 0,675. Memiliki arti besarnya kontribusi/sumbangan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen  adalah sebesar 67,5%, sisanya (32,5%) berasal dari variabel lain yang tidak diteliti

 

 

 

References

Andi, Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Armstrong, Kotler. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition, England : Pearson Education, Inc

Aritonang. (2005). Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers. Sangadji,E.M. dan Sopiah 2013. Prilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multiivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. (2014). Manajemen Operasi. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta

Hamdani, A. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta. Handi

Handoko. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.Yogyakarta :BPFE-Yogyakarta.

Hendy Irawan. (2004). Kepuasan Pelayanan Jasa. Erlangga. Jakarta.

Husein Umar. (2000). Riset Pemasaran dan Perilaku. Jakarta: Gramedia. Juwandi, Irawan. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Gerry, K. &. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Cv Guna Motor I Bogor. Jurnal Manajemen, 1–10.

Razak, Ismail et, al. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. Journal of Marketing and ConsumerResearch,Vol30https://www.researchgate.net/publ ication/335839215_Effect_of_house_prices_product_quality_on_cu stomer_loyalty_through_customer_satisfaction_in_housing_Permata _Royal_Garden_Malang, Diakses pada 20 Mei 2021.

Sarah Basbeth, Wahyu Hidayat dan Sari Listyorini. (2014). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Im3. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 5, no. 1,pp. 276-283 Dec.2015. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/10423/0. Diakses pada 20 Mei 2021.

Setiawan, Heri., Sayuti, Jalaluddin & Lestari, Sari. 2016. Pengaruh Motivasi dan Atribut Destinasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Berkunjung ke Jaka Baring Sportcity Palembang. Laporan Penelitian Kerjasama DosenMahasiswa, Politeknik Negeri Sriwijaya. https://jurnal.um- palembang.ac.id/motivasi/article/ view/2043. Diakses pada 20 Mei 2021.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-09-04

How to Cite

Rambu Dyah Ayu Yaya H.R, & Heru Sutapa. (2022). PENGARUH HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CAFE SAP KEDIRI. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 126–138. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i3.459