PENGARUH POTONGAN HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA HIKMAH MART WATES KEDIRI

Authors

  • Mochamad Ainul Yaqin Universitas Islam Kadiri
  • Udik Jatmiko Universitas Islam Kadiri
  • Erwin Syahputra Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.55606/optimal.v2i4.749

Keywords:

Potongan Harga, Kelengkapan Produk, dan Minat Beli

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai masalah manajemen pemasaran yang berfokus pada strategi potongan harga dan kelengkapan produk terhadap minat beli konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh potongan harga dan kelengkapan produk terhadap minat beli baik secara parsial maupun simultan. Penelitian menggunakan  pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Hikmah Mart dengan sampel sebanyak 55 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan teknik analisis data melalui uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) Potongan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen di Hikmah Mart Wates, terlihat dari nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05, 2) Kelengkapan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen di Hikmah Mart Wates, terbukti dari nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05, 3) Potongan harga dan kelengkapan  produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen di Hikmah Mart Wates, terlihat dari signifikan uji F sebesar 0,000 < sig. 0,05 sehingga Hipotesis ketiga dapat diterima

References

Assauri, Sofjan. (2017). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep & Strategi. Edisi Pertama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Bogor: Mitra Wacana Media.

Sonata, Ilham. (2019). Pengaruh Price Discount Dan in-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(1).

Utami, Cristina. Whidya. (2012). Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Mochamad Ainul Yaqin, Udik Jatmiko, & Erwin Syahputra. (2022). PENGARUH POTONGAN HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA HIKMAH MART WATES KEDIRI. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(4), 272–281. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i4.749