Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pada Madrasah Aliyah (MA) Al Ihsan Tanah Grogot

Authors

  • Rusmiati Rusmiati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Harmayanto Harmayanto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Sabariah Sabariah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot

DOI:

https://doi.org/10.55606/optimal.v2i4.865

Keywords:

Fungsi Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan.

Abstract

Pada saat ini di MA Al Ihsan Tanah Grogot dari ke tujuh fungsi kepemimpinan Kepala Sekolah yaitu edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator, masih terdapat dua fungsi yang dalam proses pelaksanannya dianggap kurang maksimal yaitu fungsi manajer dan motivator. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh tenaga pendidik dan kependidikan yang ada pada Madrasah Aliyah (MA) Al Ihsan Tanah Grogot yang berjumlah 31 orang. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 31 orang pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,884 yang berarti hubungan antara variabel fungsi kepemimpinan kepala sekolah (X) dengan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan adalah sangat kuat karena berada pada 0,80-1,000. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel atau 11,784 > 2,44 artinya variabel fungsi kepemimpinan Kepala sekolah berpengaruh bersama-sama atau simultan terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Variabel dominan adalah kepala sekolah sebagai edukator (X1) karena memiliki thitung tertinggi yaitu 2,875 dengan nilai signifikan terkecil yaitu 0,009 dibandingkan thitung variabel lainnya Sebaiknya fungsi kepemimpinan Kepala sekolah sebagai manajer perlu terus diperbaiki sehingga ke depannya lebih bisa mengatur semua unsur di dalam sekolah demi tercapainya tujuan.

 

 

References

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Daft, Richard.L & Marcic, Dorothy (2013). Management The New Workplace (8th ed). Canada: South Western Cengage Learning.

Handoko. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi. Cetakan ke-15. Yogyakarta:BPFE

Hani Handoko, 2003. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Cetakan Kesebelas. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Indonesia

Fahmi, Irham. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Rusmiati , R. ., Harmayanto , H. ., & Sabariah, S. (2021). Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pada Madrasah Aliyah (MA) Al Ihsan Tanah Grogot. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 1(4), 01–13. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i4.865