Peran Kearifan Lokal Dalam Menunjang Manajemen Kreatif Dan Inovatif Di Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.55606/optimal.v2i2.879Keywords:
Inovatif, Kearifan Lokal, Manajemen KreatifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk lebih memahami keberadaan gagasan atau ide kreatif sebagai strategi yang diperkiraakan akan mampu menjadikan daya saing baik dalam menghadapi tantangan global bagi manajemen dalam menyikapi kearifan lokal yang ada. Metode penilitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan bentuk kata kata bukan angka sebagai penelitian yang diajukan untuk mendeskripsikan atau fenomena fenomena yang ada. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terjadi perubahan kebiasaan tentang pengembangan bentuk produk, kegiatan proses usaha atau bisnis, serta terjadinya inovasi dalam manajemen organisasi. Berkaitan dengan manajemen kreatif dan inovasi perubahan dalam pengelolaan inovasi dalam proses-proses, produk dan pelayanan, organisasi, sampai pelanggan dan pasar. Dalam menunjang kegiatan manajemen kreatif dan inovasi dibutuhkan dalam memebrikan gagasan dan ide-ide baru secara terus mengalir sebagai antisipasi perkembangan dunia agar nilai kearifan lokal tetap eksis di era globaliasi. Upaya untuk mempertahankan nilai kebudayaan suatu lingkungan dengan memperhatikan nilai kerifan lokal senantiasa melekat pada diri generasi muda dalam menghadapi tantangan masa globalisasi.
References
Depdag RI. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Departemen Perdagangan Republik Indonesia.
UNDP/UNCTAD. 2008. Creative Economy, Report 2008. GenevaNew York: UNDP, UNCTAD.
Basuki, Sulistyo. 2006. Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
KUN, Prasetyo Zuhdan. Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal. In: Prosiding: seminar nasional fisika dan pendidikan fisika. 2013
Hendriawan, E., & Pandikar, e. (2021). optimalisasi peran pemerintah desa gunung masigit kecamatan cipatat kabupaten bandung barat dalam menanamkan nilai-nilai kearifan lokal terhadap masyarakat (studi deskriptif tentang gua pawon). sandhyakala jurnal pendidikan sejarah, sosial dan budaya, 2(1), 104-123.
Winarso, W. (2019). Bisnis kreatif dan inovasi.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016, February). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 672-688).
Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.
Zahrawati, Fawziah et al. 2021. “The Effect of Organizational Culture on Self-Concept and Discipline toward Self-Regulated Learning.” Lentera Pendidikan 24(2): 290–302.
Zahrawati, Fawziah, Andi Aras, and Claver Nzobonimpa. 2021. “The Exixtence Og Gender Awareness on the Buginese Community in Parepare City of Indonesia.” MUWAZAH – Jurnal Kajian Gender 13(2): 159–74.