PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PENILAIAN NASABAH DENGAN MENGGUNAKAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG SOLOK

Authors

  • Yuliani Afrianti Putri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Afni Yeni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Netty Indrawati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.55606/optimal.v3i1.961

Keywords:

Kualitas Layanan, Penilaian Nasabah, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan dan Penilaian Nasabah dengan Menggunakan Mobile banking Terhadap Kepuasan Nasabah pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia yang menggunakan Mobile Banking. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 orang dengan metode Insidental Sampling.

Berdasarkan analisis regresi linear berganda, variabel Kualitas Layanan dan Penilaian Nasabah berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah dengan persamaan Y = 19,478+ 0,330X1 + 0,232 X2 + e. Dari uji t yang dilakukan didapatkan variabel X1 Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah dengan t hitung lebih besar dari t tabel 2,736 > 2,01 dan nilai tingkat signifikan 0,05 < 0,009 maka H1 diterima. Variabel X2 Penilaian Nasabah berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,346 > 2,01 dan nilai signifikansinya 0,023 < 0,05 maka H2 diterima. Dari uji F yang dilakukan didapatkan bahwa Kualitas Nasabah dan Penilaian nasabah berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Nasabah dengan Ftabel > f hitung yaitu  5,607 > f tabel 3,195 dengan nilai signifikansinya yaitu 0,007 < 0,05 maka H3 diterima. Dari uji koefisien determinasi R2 (R Square) sebesar 0,193 atau 19,3% hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas berdampak terhadap variabel terikat sebesar 19,3%, sedangkan sisanya 80,7% dipengaruhi oleh variabel lain.

 

 

References

Aieni, A. N., & Purwantini, A. H. (2017). Eksplorasi penggunaan mobile banking : pendekatan technologi acceptance model. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(1), 86–96.

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713

Bakti, S., & Harun, H. (2011). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Maskapai Penerbangan Lion Air. (Effect of Market Orientation and Customer Value on Marketing Performance of Lion Airlines Corporation). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3(1), 1–15. http://online-journal.unja.ac.id/index.php/pemasaran/article/view/921

Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14–34. https://doi.org/10.32832/inovator.v7i1.1458

Mukarom, M. S., & Khasanah, I. (2012). Analisis Pengaruh Nilai Nasabah dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Untuk Menciptakan Loyalitas Nasabah ( Studi Pada Nasabah Bank BRI Cabang Pandanaran Semarang ). Diponegoro Journal of Management, 1(1), 1–47.

Munisih, S., & Soliha, E. (2015). Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Nilai Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Apotek Dela Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas STIKUBANK Semarang, 2(1), 1–16.

Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 87–104. https://doi.org/10.24239/ jipsya.v2i1.24.87-104

Nurhalimah, N., & Nurhayati, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 6, No. 2 September 2019, 6(2), 1–5.

Oktaviani Satriyanti, E. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 2(2), 171–184. https://doi.org/10.14414/jbb.v2i2.172

Pratiwi, N. P. L., & Seminari, N. K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan dan nilai nasabah terhadap kepuasan nasabah. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(5), 1422–1433.

Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.

Rahmawati, C. K., & Fianto, B. A. (2020). Analisis Deskriptif Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(6), 1118–1127. https://doi.org/10.20473/vol7iss20206pp1118-1127

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.1200/JCO.2014.56.8501

Sasongko, F. (2013). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan restoran ayam penyet ria. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.1590/s1415-65552003000200015

Sondakh, C. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 19–32.

Sudaryanti, D. S., Sahroni, N., & Kurniawati, A. (2018). Analisa pengaruh mobile banking terhadap kinerja perusahaan sektor perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(2), 96–107.

Usvela, E., Qomariah, N., & Wibowo, Y. G. (2019). Pengaruh Brand Image , Kepercayaan , Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 300–312. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2930/2260

Wahab, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Di Kota Pekanbaru. Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 02(01), 27–41.

Wardhana, A. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia. DeReMa (Development Research of Management) Jurnal Manajemen, 10(2), 273–284. https://doi.org/10.19166/derema.v10i2.164

Zakiy, M., & Azzahroh, E. P. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 3(1), 26–38. https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.3599

Yuliza, Mai dkk. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan E Comerce Terhadap Kepuasan Konsumen pada Azzahra Cake di Kecamatan Kinali. Vol.1 No.8 https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/5828

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Yuliani Afrianti Putri, Afni Yeni, & Netty Indrawati. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PENILAIAN NASABAH DENGAN MENGGUNAKAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG SOLOK. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 171–183. https://doi.org/10.55606/optimal.v3i1.961