Analisis Risiko Kecelakaan Kegiatan Ramp Handling Pada PT. Gapura Angkasa di Bandar Udara Radin Inten II Lampung

Authors

  • Fiqih Ridho Arjuna Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Hodi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1631

Abstract

Provinsi Lampung memiliki sebuah bandara yang bernama Bandar Udara Radin Inten II. Keberhasilan kegiatan ground handling tentu mempunyai peranan penting hal ini lah yang menjadi tugas bagi PT. Gapura Angkasa sebagai salah satu perusahaan jasa ground handling yang melayani kegiatan ramp handling. Banyak risiko yang dihadapi oleh ramp dispatcher saat melaksanakan tugasnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana risiko dan faktor penyebab kecelakaan pada kegiatan ramp handling.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Dokumentasi yang digunakan berupa ramp activity checklist yang berlaku. Wawancara terstruktur dilakukan kepada narasumber Kepala Divisi Ramp Handling, petugas engineering, dan petugas divisi operation yang bertugas di Bandar Udara Radin Inten II Lampung. Keabsahan data kualitatif dengan metode triangulasi.

Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa risiko kecelakaan yang terkait dengan aktivitas ramp handling. Berupa terjepit atau terluka pada saat pemindahan kargo atau penumpang, dan paparan kebisingan yang berkepanjangan. Faktor-faktor yang berpotensi menimbulkan risiko terdapat petugas yang mengabaikan pentingnya alat pelindung diri seperti safety shoes, ear plug, safety cone, dan penggunaan peralatan GSE yang tepat.

References

Tarwaka, dkk. 2014. Ergonomi Untuk Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Produktivitas. Surakarta, Uniba Press.

PT Gapura Angkasa. 2020. Company Profile PT Gapura Angkasa. Lampung

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Nice, F. L., & Imbar, R. V. (2016). Analisis risiko teknologi informasi pada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada website swifts menggunakan ISO 31000. Jurnal JUISI, 2(2), 1-11.

Supartono, S. (2018). Implikasi Annex 19 ICAO (Iternational Civil Aviation Organization) tentang safety management dalam pengaturan sistem keselamatan penerbangan di area Bandar Udara di Indonesia. Disertasi-Trisakti, 2015.

Priastika, A. T. (2018). Analisis Tingkat Risiko Ergonomi pada Aktivitas Manual Handling di PT. Ceva Logistik Indonesia Site Michelin Pondok Ungu Bekasi. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Fiqih Ridho Arjuna, & Hodi. (2023). Analisis Risiko Kecelakaan Kegiatan Ramp Handling Pada PT. Gapura Angkasa di Bandar Udara Radin Inten II Lampung. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 299–309. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1631