PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI BAGI GURU RA AL MUHTADIN LANGENHARJO KENDAL

Penerapan Metode Inquiry

Authors

  • Teguh Setiadi Universitas Sains dan Teknlogi Komputer
  • Edy Siswanto Universitas Sains dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.55606/teknik.v2i2.365

Keywords:

Metode Inquiry, pembelajaran edukasi, Media pembelajaran berbasis Game

Abstract

RA Al Muhtadin Langenharjo Kendal merupakan sekolah dasar pertama yang berdiri di kelurahan Langenharjo. Selama ini media yang digunakan untuk pembelajaran hanya sebatas buku-buku yang dipinjam di perpustakaan, lembar kerja murid LKS dan ceramah atau metode belajar konvesonal. Tingkat Sumber daya manusia yang berbeda satu sama lain, menyebabkan Guru harus mengulang-ulang satu bab pelajar agar murid yang kurang memahami agar lebih paham. Hal ini membuat minat murid yang lain menjadi berkurang. Efek dari SDM Murid sedikit kurang menyebabkan tingkat minat membaca yang ternyata juga minim menjadi salah satu kendala yang paling utama dalam lingkup RA Al Muhtadin Langenharjo Kendal, Metode Inquiry ialah sebuah metode yang menenkankan pengembangan aspek kognitif (mental), afketif (sikap dan nilai), psikomotorik (keterampilan). Keunggulan inilah yang dirasa paling selaras dalam pengembangan Game interaktif. Berdasarkan semua jenis edukasi interkatif, edukasi melalui Game interaktif atau permainan termasuk salah satu solusi yang memiliki nilai lebih, karena pada dasarnya Game pembelajaran berfungsi sebagai hiburan dan dijadikan game edukasi bisa membuat anak-anak menjadi lebih senang dalam belajar karena mereka bisa bermain dan belajar disaat yang bersamaan.Upaya ini dipandang perlu dilakukan karena Para Guru RA Al Muhtadin rata-rata masih kurang lancar dalam menerapkan dan mengoperasikan software Media pembelajaran berbasis Game untuk mendukung dalam proses pembuatan Game pembelajaran, editing Game, pembuatan Game pembelajaran sederana untuk memudahkan murid.

 

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Teguh Setiadi, & Edy Siswanto. (2022). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI BAGI GURU RA AL MUHTADIN LANGENHARJO KENDAL: Penerapan Metode Inquiry. Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.55606/teknik.v2i2.365

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)