HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERAWATAN GIGI DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA ANAK PRA SEKOLAH

Authors

  • Dwi Yuningsih ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Yeni Kartika Sari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Yuli Widyastuti ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikki.v2i3.738

Keywords:

Karies gigi, Pengetahuan,Ibu, pra sekolah

Abstract

Latar Belakang : Karies gigi merupakan kondisi hilangnya ion-ion mineral secara kronis dan terus menerus dari permukaan email yang disebabkan oleh bakteri. Menggosok gigi merupakan salah satu upaya perawatan gigi untuk mencegah karies gigi. Diketahui bahwa Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki kejadian karies gigi tertinggi yang diakibatkan kurangnya perawatan gigi.

Tujuan : Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan gigi dengan kejadian karies gigi pada anak pra sekolah.

Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diteliti adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 4-6 tahun yang termasuk dalam kriteria inklusi sejumlah 37 sampel. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi, analisa data menggunakan uji contingency coefficient.

Hasil penelitian : Tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan gigi memiliki kategori baik 28 responden (75,7%), dengan kejadian karies 12 responden (32,4%). Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan gigi dengan kejadian karies gigi pada anak pra sekolah.

Kesimpulan : Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan gigi dengan kejadian karies gigi pada anak pra sekolah

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Budiman & Riyanto A. 2013. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika.

Cahyaningrum. 2017. Hubungan Perilaku Ibu terhadap Kejadian Karies Gigi pada Balita di PAUD Putra Sentosa. Surabaya. Universitas Airlangga.

Djaali. 2008. Skala Guttman. Jakarta : Pustaka Utama.

Depkes RI. 2009. Menggosok Gigi Dapat Mencegah Berbagai Penyakit. Jakarta : Departemen Kesehatan RI.

Deynilisa, S., 2015. Ilmu Konservasi Gigi. Jakarta : EGC.

Jayanti., 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Mengenai Karies Gigi dengan Kejadian Karies Gigi pada Anak TK Aisyiyah Kateguhan Sawit Boyolali. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Katli., 2018. Faktor-Faktor Kejadian Karies Gigi pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Betungan Kota Bengkulu. Bengkulu : JNPH.

Maryuni A. 2013. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta : Trans Info Media.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2009. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2007. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.

Noviyanti. 2016. Hubungan Pengetahuan Pelihara Diri Kesehatan Gigi dan Mulut Ibu dengan Jumlah Karies pada Anak Pra Sekolah TK Pertiwi II Banjarnegara. Jogjakarta. Poltekkes Jogja.

Padmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Riset Kesehatan Dasar., 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Departemen Kesehatan RI. Jakarta. www.depkes.go.id. Diakses tanggal 6 Desember 2018.

Sariningsih E., 2012. Merawat Gigi Anak Sejak Dini. Gramedia : Jakarta. https://books.google.co.id. Diakses tanggal 7 Desember 2018.

Wawan, A dan Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Dwi Yuningsih, Yeni Kartika Sari, & Yuli Widyastuti. (2022). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERAWATAN GIGI DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA ANAK PRA SEKOLAH. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 2(3), 96–102. https://doi.org/10.55606/jikki.v2i3.738

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.