FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN IBU HAMIL MENJELANG PERSALINAN DIMASA PANDEMIC COVID-19 DI PUSKESMAS LIMBOTO

Authors

  • Fahmi A.Lihu Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Harismayanti Harismayanti Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Miranti Abdullah Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Adinda Putri Ibrahim Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikki.v1i2.1003

Keywords:

Pengetahuan Orang Tua, PHBS, Pencegahan Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 Merupakan fenomena yang menyita perhatian seluruh dunia di semua kalangan lapisan masyarakat, pandemi juga menimbulkan kekhawatiran pada setiap orang tak terkecuali ibu hamil, masa kehamilan sangat rentan terhadap resiko kecacatan dan kematian janin.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kecemasan ibu hamil menjelang persalinan di masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini adalah surver analitik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian di dapatkan hubungan antara pengetahuan dengan kecemasan ibu hamil di masa pandemic covid-19, hasil penelitian di dapatkan hubungan antara dukungan suami dengan kecemasan ibu hamil menjelang persalinan dimasa pandemic covid-19 hasil penelitian antara ekonomi dengan kecemasan ibu hamil di masa pandemic covid-19 hasil penelitian antara pendidikan dengan kecemasan ibu hamil menjelang persalinan di masa pandemic covid-19 Maka di simpulkan ada hubungan faktor-faktor dengan kecemasan ibu hamil menjelang persalinan dimasa pandemic covid-19. Saran bagi puskesmas di harapkan lebih memberikan edukasi, informasi dan komunikasi kepada ibu hamil agar memiliki wawasan, pemahaman yang luas mengenai kecemasan di masa pandemic covid-19.

References

latas, H. 2019. Hipertensi pada Kehamilan. Seminar Nasional Penyakit Tidak Menular Penyebab Kematian Maternal. Purwokerto: Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

de Almeida, I.B., Egidio Nardi, A., Wilt, J., Oehlberg, K., Revelle, W., Shear, M.K. 2015. Pengertian Kecemasan. Computational and Mathematical Methods in Medicine, .

Apriza, A., Fatmayanti, A., Ulfiana, Q., Ani, M., Dewi, R.K., Amalia, R., Astuti, A., Harwijayanti, B.P., Mukhoirotin, M., Pertami, S.B. & others 2020. Konsep Dasar Keperawatan Maternitas. Yayasan Kita Menulis.

Astutik, V.Y. & Sutriyani, T. 2017. Hubungan Senam Hamil, Dukungan Suami Dan Dukungan Bidan Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Menjelang Persalinan Di BPS Ny. Hj. M. Indriyati. Care, 5(1): 140–148.

Bobak et al 2015. Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Jakarta: EGC.

Diani, L.P.P. & Susilawati, L.K.P.A. 2013. Pengaruh Dukungan Suami terhadap Istri yang Mengalami Kecemasan pada Kehamilan Trimester Ketiga di Kabupaten Gianyar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1): 1–11.

Etty, C.R., Siahaan, J.M. & Sinaga, Y.V. 2020. Analisis Dukungan Suami untuk Mengatasi Kecemasan Pada Ibu Hamil di Klinik Wanti Mabar Hilir Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Jurnal TEKESNOS, 2(2).

Fajrin, F.I. 2017. Hubungan Paritas dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester III dalam Menghadapi Persalinan. Jurnal Universitas Islam Lamongan, 6(2): 5–9.

Fitri, R. 2019. Asuhan Kebidanan Pada Ny “E” Masa Hamil TM III, Bersalin, Nifas, Neonatus, Keluarga Berencana di PMB Purwantini, S. Tr. Keb Desa

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Fahmi A.Lihu, Harismayanti Harismayanti, Miranti Abdullah, & Adinda Putri Ibrahim. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN IBU HAMIL MENJELANG PERSALINAN DIMASA PANDEMIC COVID-19 DI PUSKESMAS LIMBOTO. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 1(2), 37–46. https://doi.org/10.55606/jikki.v1i2.1003

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.