PENGARUH PELATIHAN MIDWIFERY UPDATE DENGAN METODE DARING DIMASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI BIDAN DI IBI CABANG KOTA SURAKARTA

Authors

  • Munaaya Fitriyya ITS PKU Muhamamdiyah Surakarta
  • Wijayanti ITS PKU Muhamamdiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikki.v2i1.647

Keywords:

Pelatihan, Midwifery Update, Daring, Pengetahuan

Abstract

Latar Belakang: Pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial atau social distancing untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah dengan menerapkan work from home (WFH). Salah satu kegiatan yang mengalami pergeseran pelaksanaan adalah penyelenggaraan pelatihan secara daring (online training) untuk para tenaga kesehatan dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan memaksimalkan potensi yang ada. Pelatihan Midwifery Update adalah meningkatkan pelayanan kebidanan yang bermutu. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pelatihan dengan metode daring terhadap kompetensi bidan di IBI Cabang Surakarta. Metodologi Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan metode one group pre-post test desain. untuk mengetahui pengaruh pelatihan Midwifery Update metode daring terhadap peningkatan pengetahuan bidan IBI Cabang Surakarta dengan menggunakan uji pair t test, karena data penelitian ini memenuhi asumsi normalitas. Tehnik pengambilan sampling Non Probability Sampling ( tidak secara acak) dengan metode quota sampling. Populasi penelitian ini adalah Peserta Pelatihan Midwifery Update IBI Cabang Surakarta sejumlah 50 orang. Hasil : terdapat peningkatan skor pengetahuan Bidan sesudah pelatihan Midwifery update metode daring sebesar 11,36 (95%CI8,53-14,19) dan nilai p=<0.001(p<0,05), yang berarti bahwa pelatihan Midwifery Update metode daring berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan bidan IBI Cabang Surakarta, dimana pelatihan Midwifery update metode daring mampu meningkatkan skor pengetahui bidan sebesar 11,36 atau 19,8%. Kesimpulan: Pelatihan Midwifery Update metode daring berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan bidan IBI Cabang Surakarta

References

Afifah,Tin, Pangaribuan, L, Rachmalina, dan Media, Yulfira, Perilaku Pemeriksaan Kesehatan Ibu Hamil dan Pemilihan Pertolongan Persalinan di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekologi Kesehatan, Volume 9, No. 3 September 2010

Ahmad Tanzeh. (2010). Metodologi Penelitin Praktis, Yogyakarta: Teras

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020).Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi KegiatanBelajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19.Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan,5(1), 64-70.

Ikatan Bidan Indonesia (2016) Buku Acuan Midwifery update,Jakarta.IBI

Endah Widhi Astuti, M. Mid. (2016) Konsep Kebidanan dan Etikolegal dalam Praktek Kebidanan. Jakarta Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Pusdik SDM Kesehatan.

Fitriyya, M (2018) Efektifitas Pelatihan Midwifery Update Terhadap Peningkatan Pengetahuan Bidan Pada Pelayanan Kebidanan di Surakarta https://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/view/112

Hanny Andra Ayuningtiyas1 , Bachruddin Saleh Luturlean2 Pengaruh Pelatihan dan E-Learning Terhadap Kompetensi Pegawai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kerawang, e-Proceeding of Management : Vol.8, No.5 Oktober 2021

Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19.

Kemenkes RI (2016) Konsep Kebidanan dan Etikolegal dalam Praktek Kebidanan KMK

Lexy J.M. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Posdakarya Offset.

Masadeh, Mousa. (2012). Training, Education, Development and Learning: What is the Difference?. Europan Scientific Journal, Vo. 8, No.1.

Muhammad, B. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta : Prenadamedia Group.

Muhammad, R., Dadang, H., & Nyoman, S. N. (2020). Memahami E-learning: Konsep, Teknologi dan Arah Perkembengan. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV. Saurnu Untung.

Priansa, D. J. (2014). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Saleh, Marzuki, M. (1992). Strategi dan Model Pelatihan, Suatu Pengetahuan Dasar Bagi Instruktur dan Pengelola Lembaga Pelatihan, Kursus, dan Penataran. Malang: IKIP Malang.

Sisca, & dkk. (2020). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Yayasan Kita Menulis

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen . Bandung : Alfabeta.

Suryana. (2010). Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan kualitatif, (Buku Ajar, PDF, Universitas Pendidikan Indonesia, 2010),

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Wawan, A., & Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Munaaya Fitriyya, & Wijayanti. (2022). PENGARUH PELATIHAN MIDWIFERY UPDATE DENGAN METODE DARING DIMASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI BIDAN DI IBI CABANG KOTA SURAKARTA. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 2(1), 73–80. https://doi.org/10.55606/jikki.v2i1.647

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.