PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL, WORD OF MOUTH DAN REFERENCE GROUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM JAJANAN KULINER DI PELABUHAN KAMAL

Authors

  • Tia Astaivada Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1853

Keywords:

UMKM, Promosi Media Sosial, Word of Mouth, Reference Group

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah variabel word of mouth, promosi media social, dan reference group berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian pada UMKM jajanan kuliner di Pelabuhan kamal. Populasi peneliti ini adalah seluruh konsumen UMKM jajanan kuliner di Pelabuhan kamal dan diambil sampel sebanyak 45 responden. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Metode pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh Nilai adjusted R Square sebesar 0.374 artinya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 37,4% sehingga tergolong pada kategori moderat. Hasil menunjukkan bahwa variable word of mouth Secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variable promosi media sosial berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. dan Secara parsial reference group berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan variable word of mouth, promosi media social, dan reference group berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Cetakan Ketiga. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Assauri, S. (2016). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada.

Evans, Dave & McKee, Jake. (2010). Social Media Marketing. Canada: Wiley Publishing, Inc

Gunelius, Susan. 2011. 30 Minute Social Media Marketing. United States : McGraw Hill.

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Kotler, Philip & Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaan. Edisi 13 Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Sanusi, Anwar. (2011). “Metode Penelirian Bisnis”. Jakarta: Salemba Empat.

Sianturi, E., Erida, Ade T.N., 2012. Pengaruh kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan menggunakan blackberry. Jurnal Manajemen Vol 1, No 2 hal. 127-129

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. In Penerbit CV. Alfabeta: Bandung. CV. Alfabeta.

Sweeney, J., dan Swait, J., 2008, The effects of brandcredibility on customer loyalty. Journal of Retailingand Consumer Services Vol. 15 page 179-193.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Tia Astaivada. (2023). PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL, WORD OF MOUTH DAN REFERENCE GROUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM JAJANAN KULINER DI PELABUHAN KAMAL. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 263–277. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1853

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.