Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Ciri-Ciri dan Kebutuhan Mahluk Hidup dengan Menggunakan Media Lingkungan Sekitar

Authors

  • Sukatiah Sukatiah SDN 22 Penjalaan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1009

Keywords:

Lingkungan Sekitar, Media, Penggunaan

Abstract

. Kita memahami bahwa media pembelajaran saat ini telah berkembang dengan pesat, namunkarena keterbatasan yang dimiliki SDN 22 Penjalaan maka guru kelas yang ada di sekolah tersebut harus pandai-pandai memanfaatkan sarana yang ada di sekitar sekolah untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Namun belum semua guru mampu memanfaatkan sarana ynag ada disekitar sekolah untuk proses belajar mengajara bahkan cenderung tidak pernah digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Penulis merasakan dalam proses pembelajaran dengan mencoba beberapa metode yang ada. Pembelajaran kurang antusias dalam pembelajaran, ada yang ngobrol, melamun dan diam saja. Dari tes formatif yang dilakukan penulis pada akhir pembelajaran terlihat perolehan hasilnya. Sebagian besar (70%) siswa mendapatkan nilai dibawah KKM yang ditetapkan yaitu 70.

Peneliti menawarkan alternatif pemencahan masalah dengan menerapkan pembelajaran mengguakan media lingkungan sekitar sekolah. Diharapkan dengan tidak selalu berada dikelas dan melihat lingkungan sekitar siswa jadi tidak merasa bosan dan jenuh akan media yang dipakai selama ini.

Setelah melalui penelitian yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus tindakan kelas terjadi peningkatan perhatian belajar mengikuti perbaikan pembelajaran dengan mengunakan media lingkungan sekitar pada Mata Pelajaran IPA materi ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup sebesar 42.5% yaitu sebelum penelitian sebanyak 50% dan sesudah siklus II

Terjadi penelitian prestasi belajar setelah mengikuti penelitian tindakan perbaikan pembelajaran dengan mengunakan media lingkungan sekitar pada Mata Pelajaran IPA materi ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup sebesar 67%. Sebelum penelitian sebanak 4 siswa (20% yang memperoleh nilai 65 dan setelah penelitian meningkatkan menjadi 19 siswa 95%)

 

Kata kunci: ,.

References

Lie, anita (2004). Cooperatif Learning Mempraktikan Cooperatif Learning Diruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Nurhadi, Agus Gerrand Senduk. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Ruseffendi, ET. (1990). Pengajaran IPA Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan PGSD D2. Bandung: Tarsito.

Soejadi. (2003). Kiat IPA di Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Sudjana, nana.(2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Supratama.(2001). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Sukatiah, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Ciri-Ciri dan Kebutuhan Mahluk Hidup dengan Menggunakan Media Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 63–76. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1009