Implementasi Model Pembelajaran Complete Sentence DalamAnalisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMP Tunas Mandiri Tanjung Pura

Authors

  • Munawwarah Munawwarah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Zaifatur Ridha STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Satria Wiguna STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1013

Keywords:

Pembelajaran Complete Sentence, Analisis Belajar PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran complete sentence, analisis pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence dan faktor yang mempengaruhi dalam implementasi model pembelajaran complete sentence. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data di lakukan dengan mengadakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang diguanakan yaitu reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran complete sentence pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Tunas Mandiri  Tanjung Pura terdiri dari beberapa tahapan yaitu: mempersiapkan lembar kerja siswa, guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, guru menyampaikan materi pembelajaran, guru membentuk kelompok, guru membagikan lembar kerja, peserta didik berdiskusi, memperbaiki jawaban hasil diskusi, peserta didik memahami materi dan guru menyampaikan kesimpulan materi pembelajaran. Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Tunas Mandiri Tanjung Pura  mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence. Tingkatan analisis yang dimiliki siswa berada pada kategori menterjemahkan (translation).

 

 

References

Annisa Siswanti, Nurmisdaramayani, S. W. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Jam ’ iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 132–142.

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2018). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Istarani. (2018). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mansur. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mudjahid. (2017). Perncanaan Madrasah Mandiri. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Mukhtar. (2018). Desain Pembelajaran PAI. Jakarta: Misaka Galiza.

Muntholi’ah. (2016). Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi PAI. Semarang: Yayasan al-Qalam.

Thoha, C. (2015). Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Wiguna, S., & Fuadi, A. (2022). Pengaruh Blogger Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTS Ubudiyah P. Brandan. Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, Vol 2 No 2(Mei), 110–120.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Munawwarah Munawwarah, Zaifatur Ridha, & Satria Wiguna. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Complete Sentence DalamAnalisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di SMP Tunas Mandiri Tanjung Pura . Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 77–87. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1013