Implementasi Media Projected Still Dalam Meningkatkan Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pelajaran Fikih di Kelas VIIII MTS Negeri 1 Langkat

Authors

  • Dicky Wahyudi STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Rani Febriyanni STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Abdul Halim STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1014

Keywords:

Media Projected Still, Kemampuan Psikomotorik

Abstract

Media pembelajaran Projected still diharapkan dapat meningkatkan kemampuan psiomtorik siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa Media pembelajaran Projected still dalam kemampuan psikomotirk siswa kelas VIII 2 memiliki kemampuan psikomotik yang tergolong rendah dilihat dari persentase ketuntasan siswa yang masih jauh di bawah KKM. Persentase ketuntasan siswa yaitu 31,25% (Kurang), dengan nilai rata-rata 66, 87 (Tidak Tuntas). Implementasi pembelajaran fikih   menggunakan media Berdasarkan   hasil   observasi   terhadap   aktivitas   guru   dalam kegiatan  pembelajaran  projected still dapat dilaksanakan dengan baik di MTs N 1 Langkat hal ini dapat dilihat dari hasil observasi persentase skor yang diperoleh guru adalah 87,5% hal ini menunjukkan kriteria Baik.  Aktifitas siswa juga pada kategori baik yakni 87,5 yang menunjukan pada kategori baik.  Terdapat perbedaan hasil pembelaajran dari sebelum menggunakan media Projected Still dan setelah menggunakan media Projected Still hal ini dapat dilihat dari pada hasil pre test Persentase ketuntasan siswa yaitu 31,25% (Kurang), dengan nilai rata-rata 66, 87 (Tidak Tuntas). Namun setelah adanya penggunaan  media Projected Still diperoleh hasil tes kemampuan psikomotirk Persentase ketuntasan siswa yaitu  % (baik), dengan nilai rata-rata 80,62 ( Tuntas).

 

 

References

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Bali. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Probolinggo: Pustaka Nurja.

Rosa. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, Vol 1, No.2, 2015, hlm, 24-28.

Atika Alwinda, S. W. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancin. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4).

Fahmi, M., & Wiguna, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Mas Ar-Rahman Bubun. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 130–137.

Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Satria Wigua. (2019). Implementasi Methodbuzz Group Dalam Hasil Belajarluring Akidah Akhlak Di Kelas Viii Mtsmiftahul Jannah Tanjung Pura. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1, 150–161. Https://Doi.Org/10.47476/Reslaj.V1i2.373

Satria Wiguna, Nurmisdaramayani, M. H. (2021). Pengaruh Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belajar Al Qur ’ An Hadits Di Kelas X Man 1 Langkat. Procedings Pincis, Vol 1 No 1(Desember), 187–192.

Satria Wiguna, A. F. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Tahlilan Di Desa Batu Melenggang Kecamatan Hinai. Thawalib : Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 15–24.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Dicky Wahyudi, Rani Febriyanni, & Abdul Halim. (2022). Implementasi Media Projected Still Dalam Meningkatkan Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Pelajaran Fikih di Kelas VIIII MTS Negeri 1 Langkat. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 88–98. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1014