Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Di Kelas VIII MTS Miftahul Ula Pematang Cengal

Authors

  • Nur Hasanah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Nurmisda Ramayani STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1015

Keywords:

Pembelajaran Guided Note Taking

Abstract

Permasalah penelitian adalah proses pembelajaran yang masih menggunakan metode klasik dimana pembelajaran terpusat kepada guru, sehingga pembelajaran di MTs Miftahul Ula pada mata pelajaran Fiqih menjadi pasif. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran guided note taking untuk meningkatkan prestasi belajar Fiqih siswa kelas VIII di MTs Miftahul Ula Pematang Cengal.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil belajar siswa yang diperoleh setelah digunakannya model pembelajaran Guided note taking pada materi makanan dan minuman yang halal dan haram mulai mengalami peningkatan sebesar 77,41% pada siklus I dengan banyak siswa 24 siswa dan 96,77% pada siklus II dengan banyak siswa 30 siswa. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided note taking pada materi makanan dan minuman yang halal dan haram di MTs Miftahul Ula Pematang Cengal dapat meningkatkan prestasi belajar bahkan lebih dari yang ditargetkan.

 

Kata kunci: ,

References

Hasbullah. (2018). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kebudayaan, K. P. (2019). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Th. 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Suprijono, A. (2019). Cooperative Learning . (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto. ( 2020). Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). Ptk (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di Sd Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, Ix(2), 11.

Fahmi, M., & Wiguna, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Mas Ar-Rahman Bubun. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 130–137.

Salim Dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Satria Wiguna. (2020). Keteladanan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter. As- Syar ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2, 216–227. Https://Doi.Org/10.47476/As.V2i2.589

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Nur Hasanah, & Nurmisda Ramayani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Siswa Di Kelas VIII MTS Miftahul Ula Pematang Cengal. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 99–109. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1015