Implementasi Metode Super Memory System Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Di Kelas VIII SMP IT Jannatul Firdaus

Authors

  • Riska Anisa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Syahrul Affan STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1016

Keywords:

Metode, Super Memory System, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Super memory system adalah suatu system untuk memperkuat daya ingat dengan mempertinggi tingkat perhatian dan dengan membagikan perhatian dengan menggunakan tehnik daya ingat yang disebut manipulasi otak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidika Agama Islam di kelas VIII SMP IT Jannatul Firdaus dengan penerapan metode metode super memori system sesuai dengan rencana yang telah dibuat, Hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Jannatul Firdaus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi menjelaskan Kitab-kitab Allah, setelah penerapan Metode Super Memori System pada siklus I meningkat menjadi 47,22 (17 siswa) dengan persentase ketuntasan sebesar 20 % dan persentase ketuntasan belajar belum mencapai 85 %. Dan siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 77,08 (26 siswa) dengan persentase ketuntasan 75% dengan selisih peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 20%. Dan siklus III nilai rata-rata siswa mencapai 80,69 (32 siswa) dengan persentase ketuntasan 88,88% dengan selisih peningkatan dari siklus II menuju siklus III sebesar 13%. Dengan demikian siklus III mengalami peningkatan, sehingga peneliti berkesimpulan bahwa tidak perlu dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya.

 

 

References

Atika Alwinda, S. W. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancin. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4).

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). Ptk (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di Sd Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, Ix(2), 11.

Fahmi, M., & Wiguna, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Mas Ar-Rahman Bubun. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 130–137.

Febriyanni, R., Wiguna, S., & Esa, M. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( Ptk ) Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sdn 050734 Tanjung Pura Langkat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4).

Salim Dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Satria Wiguna, Nurmisdaramayani, M. H. (2021). Pengaruh Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Minat Belajar Al Qur ’ An Hadits Di Kelas X Man 1 Langkat. Procedings Pincis, Vol 1 No 1(Desember), 187–192.

Satria Wiguna, A. F. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Tahlilan Di Desa Batu Melenggang Kecamatan Hinai. Thawalib : Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 15–24.

Satria Wiguna, N. A. (2021). Implementasi Kurikulum Berkarakter Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Stabat. Joel : Journal Of Educational And Language Research, Vol 1 No 2(September).

Siti Rukmana, S. W. (2022). Pengaruh Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mts Ikaba Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang. Jia : Jurnal Idarah At-Ta’lim, 1(1), 33–41.

Wiguna, S. (2021). Aplikasi Anates Dalam Evaluasi Pembelajaran. Cv. Pena Persada.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Riska Anisa, & Syahrul Affan. (2022). Implementasi Metode Super Memory System Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Di Kelas VIII SMP IT Jannatul Firdaus. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 110–121. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1016