MANAJEMEN PELATIHAN KERJA DI LPK BINA GATARA MUDA DALAM MENGEMBANGKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT GARUT UTARA

Authors

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Raden Riki Barkah Zulfikar Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Muhammad Danil Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1020

Keywords:

Pelaksanaan Pelatihan Kerja di LPK Bina Gatara Muda Kabupaten Garut.

Abstract

Salah satu unsur untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas yaitu melalui Pelatihan Kerja, disini dapat diketahui bahwa pelatihan menjadi salah satu faktor yang penting. Pelatihan merupakan bagian dari terciptanya SDM yang berkualitas dengan didesain secara sistematik dalam pengembangan program suatu instansi atau organisasi. Sebuah pelatihan juga harus mempunyai arah atau tujuan yang jelas agar pelatihan sesuai dengan rencana apa yang diharapkan. Untuk dapat melaksanakan pelatihan yang berorientasi pada kebutuhan dan rencana pelatihan yang diharapkan maka pelatihan disini membutuhkan manajemen pelatihan yang sesuai. Penelitian ini berangkat dari ketertarikan Peneliti atas Manajemen Pelatihan Tenaga Kerja di LPK Bina Gatara Muda Dalam Mengembangkan Produktivitas Masyarakat Garut Utara, karena Manajemen adalah sebuah tonggak dalam pelaksanaan suatu kegiatan dimana keberhasilan suatu kegiatan itu tergantung bagaimana manajemen atau pengelolaan kegiatan tersebut. Pada umumnya Sumber Daya Manusia yang baik akan sangat mempengaruhi sosial dan ekonomi suatu masyarakat yang baik pula. Disini pelatihan kerja menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada diluar sekolah. Memasuki pasar kerja saat ini juga sangatlah ketat persaingannya, dan ini perlu diperhatikan dan tidak bisa dianggap sepele karena bisa menimbulkan masalah-masalah baru nantinya. Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bina Gatara Muda merupakan salah satu lembaga yang menangani masalah pelatihan kerja bagi para pencari kerja di wilayah Garut Utara, itu telah berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan dan kualitas Sumber Daya Manusia lewat pelatihan guna ke depan mampu bersaing dalam memasuki dunia pasar kerja Untuk penyelenggaraan programnya LPK Bina Gatara Muda perlu memiliki manajemen pengelolaan yang baik supaya hasil dari penyelenggaraan programnya sesuai dengan yang diharapkan dan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat yang ada di wilayah Garut utara. Oleh karena itu peneliti ingin menggali informasi dan temuan hasil penelitian yang berkaitan dengan Manajemen Pelatihan Kerja di LPK Bina Gatara Muda dalam Mengembangkan Produktivitas Masyarakat Wilayah Garut Utara.

 

References

Djudju Sudjana. (2000). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Farida Yusuf Tayibnapis. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gomes, Faustino Cardoso. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset.

Lexy J. Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. 27rd. ed. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sanapiah Faisal. (2010). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Sondang P. Siagian (1994). Organisasi, Kepemimpinan, Perilaku Administrasi. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. 3rd. ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumantri, S. (2000), pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung, fakultas Psikologi Unpad.

Rivai, Veithzal (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2011). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.

Arifin, Zaenal . (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda

Arikunto , Suharsimi dan Lia Yuliana.(2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Ayi Najmul Hidayat, Raden Riki Barkah Zulfikar, & Muhammad Danil. (2022). MANAJEMEN PELATIHAN KERJA DI LPK BINA GATARA MUDA DALAM MENGEMBANGKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT GARUT UTARA. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 122–130. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1020