PEMBELAJARAN KURSUS MENJAHIT DI LPK YANI 45 (Studi Deskriptif Kursus Menjahit Di LPK Yani 45 Soreang Kabupaten Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1021Keywords:
Proses Pembelajara Kursus MenjahitAbstract
Abstrak.
Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan pembelajaran Kursus Manjahit di LPK Yani 45 Soreang Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di LPK Yani 45 Soreang pada tahun 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, Observasi dan studi dokumentasi . subjek peneliti yaitu Kepala Lembaga, Instruktur Penjahit dan Warga belajar. Penyusunan instrumen menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data mengunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian berdasarkan wawancara 1).Perencanaan pembelajaran kursus menjahit di LPK Yani 45 Soreang Kabupaten Bandung. 2).Pelaksanaan pembelajaran kursus menjahit di LPK Yani 45 Soreang Kabupaten Bandung 3). Evaluasi pembelajaran kursus menjahit di LPK Yani 45 Soreang Kabupaten Bandung. berdasarkan temuan tersebut proses pembelajaran Kursus Menjahit di LPK yani 45 Soreang melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan mutu pendidikan di LPK Yani 45 Soreang lebih efektif dan efesien.
References
Anonim, 2017. Evans (1979: 43) https://text-id.123dok.com/document/6qmwpv15z-ciri-ciri-pendidikan-nonformal-pendidikan-nonformal-1-pengertian-pendidikan-nonformal.html
Arifin, Z . (2010). Evaluasi Pembelajaran Prinsip,Teknik,Prosedur. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S dan Cepi, A . (2010). Evaluasi Program Pendidikan; Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahapeserta didik dan Praktisi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara.
Gagne. (2019). Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/. diakses Pada 08/11/2022. Pukul 12.58.
Hitman, I. (2016). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Bandung; Rizkqi Press.
Kompasiana.com dengan judul "Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebagai Solusi untuk Meningkatkan Potensi Diri", https://www.kompasiana.com/najlaaqizazrizqi9612/61bc524d62a704355554d582/lembaga-kursus-dan-pelatihan-lkp-sebagai-solusi-untuk-meningkatkan-potensi-diri Kreator: Najlaa Qizaz Rizqi
Mustofa K. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan; Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Safruddin. A. (2010). Evaluasi Progaram Pendidikan Pedoman Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta
Soekamto, Toeti. (1993). Perancangan dan Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Intermedia.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta
Sukmawati, T. (2018). Upaya LPK Lukcky dalam Meningkatkan Keterampilan Melalui Program Kursus Menjahit. Vol 1 Nomor 2. Bandung. IKIP Seliwangi. Bandung.
Suparman, Atwi. (1997). Desain Pembelajaran. Jakarta: PAU-DIKTI Depdikbud.
Sutarto, A. H. J. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1).
Sutarto, J. (2007). Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang : UNNES Pres
Sutarto, J. (2013). Determinan Mutu Proses dan Hasil Pembelajaram Pendidikan Kesetaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan. 17. (3): 210-217
Undang-Undang No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Uno, Hamzah, B. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.