Penerapan Metode Wahdah Dan Kitabah Dalam Pembelajaran Al-Qaur’an Hadits Di Ponpes Darussalam Pinagar

Authors

  • Cici Puspa Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Pendi Hasibuan Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • IswantirM Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arman Husni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1038

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di Ponpes Darussalam Pinagar. Berdasarkan observasi yang telah penulis lakukan bahwa guru Al-Qur’an Hadits sebelum menerapkan metode Wahdah dan Kitabah siswa banyak kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an dengan alasan tidak ada waktu untuk menghafal bahkan ada siswa yang memang belum bisa membaca Al-Qur’an, sehingga saat pembelajaran ada beberapa siswa yang memang tidak masuk karna takut pada hafalan, sedangkan pada saat guru menyampaikan materi mereka sibuk dengan pekerjaan mereka masing-masing seperti, tidur dikelas, meribut serta ada yang membaca novel dikelas sehingga tidak tercapailah hasil dari pembelajaran. Tujuan penelitian ini agar penulis dapat mengetahui bagaimana penerapan metode Wahdah dan Kitabah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits  di Ponpes Darussalam Pinagar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan secara sistematis. Penelitian ini menggambarkan bagaimana penerapan metode Wahdah dan Kitabah dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits  di Ponpes Darussalam Pinagar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan pada penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadits sebagai informan kunci, siswa dan waka kurikulum sebagai informan pendukung. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan, penulis dapat menggambarkan bahwa guru Al-Qur’an Hadits telah menerapkan metode Wahdah dan Kitabah sesuai dengan langkah-langkahnya. Guru Al-Qur’an Hadits mengacu pada langkah-langkah yang ditemukan oleh Wiwi Alawiyah Wahid dan Muhammad Fadhly Ilyas. Metode Wahdah dimulai dari menghafal satu persatu terhadap ayat-ayat yang hendak dihafalnya dan di ulang-ulang sebanyak 3-5 kali ketika siswa merasa sudah hafal ayat maka dilanjutkan dengan metode Kitabah yaitu menulis ayat yang dihafal ke dalam buku catatan tanpa melihat teks. Pada proses pembelajaran anak-anak sudah menampakkan hasil dalam proses pembelajaran dan tercapailah tujuan pembelajaran tersebut.

References

Ahmad, Muhammad dan Mudzakir. 2000. Ulumul Hadits. Bandung: CV Pustaka Setia

Al-Hafidz, Ahsin. et. Al. 2019. Tabungan Akhirat. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Ali, Muhammad. 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Jakarta: Pustaka Anmani

Anwar, Rosihun. 2015. Ulum Al-Quran. Bandung: Pustaka Setia

Aprison, Wedra. et. al. Penerapan Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern I’aanatuth Thalibiin Perawang, Kec. Tualang, Kab. Siak, Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 6 No. 2 Tahun 2022

Bungin, Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif:Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

Departemen Agama. 1984. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsir alqur’an

Departemen Agama. 2004. Kompetensi Standar. Jakarta

Dirjen Pendidikan Islam. 2013. Modul Kajian Kurikulun Al-Qur’an dan Hadits Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta

Faisal, Sanafiyah. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Fitri, Rena, Supratman Zakir, et. Al. Penggunaan CIPP Model Dalam Mengevaluasi Pelaksanaan Tahfiz Qur’an Di Pondok Pesantren, Jurnal Educative, Vol. 5, No. 1, Januari-Juni 2020

Handayani, Trisaksi dan Sugiarti. 2006. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang. UMM Press

Ilyas, Fadly Muhammad. 2017. Peranan Metode Wahdah Terhadap Prestasi Hafalan Santri Tahfizhul Qur’an Pesantren Darul Istiqamah Maros. Kepustakaan UIN Alauddin Makassar

Iswantir, Raihan M.I, Pelaksanaan Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Masa New Normal Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Arsyad Kelurahan Nankodok Kota Payakumbuh, Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. Vol. 2 Special Issue 2 2002.

Khoirunnisa, Tutik. 2016. Penerapan Metode Wahdah dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Muntaha Cebongan Argomulyo Salatiga. Institut Agama Islam Negeri Salatiga

M. Sonhadji, et. al. 1990. Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid V. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Masagus, et. al. 2010. Quantum Tahfiz (Siapa Bilang Menghafal Al- Qur’an Susah?). Bandung: YKM Press

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000291 Tahun 2013 Tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan B. Arab.

Peraturan Menteri Agama RI. 2018. Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam

Peraturan Mentri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008

Qomariyah, Nurul dan Mohammad Irsyad.2006. Metode Cepat dan Mudah Agar Anak Hafal Al-Quran. Klaten: Semesta Hikmah

Rahmiati, et. al. 2021. Pengembangan Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits: Penelitian Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Ilmiah Didaktika Agustus 2021, Vol. 22, No. 1

Rulam Ahmadi, 2021. Memahami Metodologi. Malang: Universitas Islam Malang

Sa’adulloh. 2017. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani

Shihab, Quraish. 2002. Tafsir al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati

Sugianto, Agus Ilham. 2004. Kiat Praktis Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Mujahid Press

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi.2005. Metodologi Penelitian Pendidikan kompetensi dan prakteknya. Jakarta:Bumi Aksara

Wahid, Alawiyah. W. 2018. Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: Diva Press

Wardana, Djamaluddin Ahdar. 2009. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center

Wijaya, Ahsin. 2005. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Yahya, Harun. 2003. Beberapa Rahasia dalam al-Qur’an. Surabaya: Risalah Gusti

Yunus, Mahmud. 2002. Tafsir Qur’an Karim. Jakarta: PT. Hidakarya Agung

Zulhimma. 2013. Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal: Darul ‘Ilmi Vol. 01, No. 02

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Cici Puspa, Pendi Hasibuan, IswantirM, & Arman Husni. (2023). Penerapan Metode Wahdah Dan Kitabah Dalam Pembelajaran Al-Qaur’an Hadits Di Ponpes Darussalam Pinagar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1038