Disain Analisis Proses Kognitif dan Pengetahuan pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Dara Fitrah Dwi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sujarwo Sujarwo Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1041

Keywords:

Pengetahuan, Proses Kognitif

Abstract

Mengajar disekolah maupun diperguruan tinggi merupakan usaha nyata dalam menyebarluaskan pengetahuan hasil dari proses berfikir yang dilakukan selama melaksanakan proses pembelajaran. Proses berfikir sangat ditekankan bagi peserta didik dari mulai masuk kelas hingga keluar kelas melalui informasi yang diterima. Karena, dari proses berfikir inilah akan menunjukkan apakah peserta didik berhasil memiliki pengetahuan atau belum. Proses berfikir yang diharapkan adalah proses berfikir dari mengingat, memahami, melakukan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Proses inilah yang menunjukkan peserta didik melakukan proses berfikir yang berdampak pada pencapaian pengetahuan baik pengetahuan fakta, konsep, prosedural maupun metakognitif. Keterkaitan proses berfikir dengan pengetahuan dinamakan dengan tabel taksonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan disain penilaian proses kognitif dan pengetahuan menggunakan tabel taksonomi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan mendisain penilaian proses berfikir dan pengetahuan dengan tahapan dari model Dick dan Carey dalam Pramita, dkk. (2016) yang terdiri dari: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melaksanakan analisis pembelajaran, (3) mendesain penilaian penilaian proses berfikir dan pengetahuan dengan beberapa tahapan tambahan yaitu menyusun dan mengevaluasi RPS. Disain penilaian proses kognitif dan pengetahuan dibangun dalam bentuk tabel yang memiliki empat (4) kolom induk dan sebelas (11) kolom rincian. Empat (4) kolom induk terdiri dari kolom nomor dengan inisial A, kolom kompetensi yang diharapkan dengan inisial B, kolom pengetahuan dengan inisial E dan kolom proses kognitif dengan inisial F. Disain penilaian proses kognitif dan pengetahuan digunakan untuk menilai proses kognitif dan pengetahuan, menilai proses kognitif dan pengetahuan didasarkan pada kompetensi yang diharapkan pada perangkat pembelajaran.

 

 

References

Ariyana, Yoki. Dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Penerbit: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Yuliati, Lia. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Available online: http://pjjpgsd.unesa.ac.id/

Muammar, Ahmad. 2020. Taksonomi Bloom, Pengertian dan Klasifikasi. Available online: Taksonomi Bloom, Pengertian dan Klasifikasi | Daftar Pustaka. Diakses 26 Agustus 2021.

Pujono, Ragil. 2021. Penilaian Keterampilan Berbasis Kegiatan di Rumah Masa PJJ. Available online: https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu- guruku/2021/03/04/penilaian-keterampilan-berbasis-kegiatan-di-rumah-masa- pjj/. Diakses 26 Agustus 2021.

Pramita, Indah Nita. 2016. Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Dick dan Carey Pada Mata Pelajaran Biologi di SMPN 5 Mendoyo. Available online: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/download/7772/5305.

Diakses 26 Agustus 2021.

Rustaman, Nuryani. _. Modul 1: Bekerja Ilmiah.

Setiawati, Wiwi. 2016. Implementasi Penilaian Keterampilan Kewarganegaraan Berdasarkan Kurikulum 2013. Available online: Implementasi Penilaian Keterampilan Kewarganegaraan Berdasarkan Kurikulum 2013 | Setiawati | Jurnal Civicus (Upi.Edu). Diakses 26 Agustus 2021.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Penerbit: Alfabeta. Bandung.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Dara Fitrah Dwi, & Sujarwo Sujarwo. (2023). Disain Analisis Proses Kognitif dan Pengetahuan pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 86–92. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1041