PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGAMBANGAN SILABUS DAN IMPLEMENTASI RPP MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH MTs MUHAMMADIYAH LIMBUNG

Authors

  • Bantang Bantang MTs Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i2.1045

Keywords:

Pengembangan Silabus, Penyusunan RPP, Supervisi Akademik

Abstract

Fakta dilapangan menunjukkan masih banyak guru yang tidak membuat silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai dengan silabus dan RPP. Oleh karena itu, berdasarkan hasil observasi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas supervisi akademik pengawas sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan implementasinya dalam penyusunan RPP pada MTs Muhammadiyah Limbung Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus terhadap daya serap kelompok pada siklus I-III sebesar 71,25%; 77,67%; dan 86,75%. Sedangkan peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus terhadap ketuntasan kelompok pada siklus I-III sebesar 33,33%; 60,00%; dan 93,33%. Dan peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus terhadap daya serap individu pada siklus I-III sebanyak 5 guru, 9 guru, dan 14 guru. Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP terhadap daya serap kelompok pada siklus I-III sebesar 71,56%; 78,13%; dan 87,50%. Sedangkan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP terhadap ketuntasan kelompok pada siklus I-III sebesar 33,33%; 60,00%; dan 93,33%. Dan peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus terhadap daya serap individu pada siklus I-III sebanyak 5 guru, 9 guru, dan 14 guru. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi akademik pengawas memiliki efektivitas dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus dan implementasinya dalam penyusunan RPP.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto & T. Rachmawati. (2015). Supervisi akademik Kepala Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat.

Kemendikbud. (2012). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kompetensi profesionalisme guru. Jakarta: Kemendikbud, Badan PSDMP dan PMP.

Masaong, Abd. Kadim. (2012). Supervisi akademik Kepala Sekolah dan Pengembangan Kapasitas Guru, Memberdayakan Kepala Sekolah Sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Downloads

Published

2022-06-22

How to Cite

Bantang Bantang. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGAMBANGAN SILABUS DAN IMPLEMENTASI RPP MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH MTs MUHAMMADIYAH LIMBUNG. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(2), 01–20. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i2.1045