PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA MTs DARUL MUTTAQIN BUNGASUNGGU

Authors

  • Kasmawati Kasmawati MTs Darul Muttaqin Bungasunggu Kab. Gowa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1047

Keywords:

Supervisi Akademik, Kemampuan Guru, Penilaian Hasil Pembelajaran

Abstract

Salah satu kemampuan guru yang harus dilakukan penilaian secara berkala oleh Kepala Madrasah sebagai supervisor yaitu, menilai hasil pembelajaran upaya meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya. Permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa guru hanya melakukan penilaian pada aspek kognitif saja tanpa melakukan penilaian pada aspek afektif dan psikomotorik, masih ada guru yang tidak membuat analisis hasil belajar siswa, dan masih banyak guru yang tidak membuat dan melaksanakan program remedial. Permasalahan tersebut mendorong peneliti sebagai Kepala Madrasah untuk melakukan penelitian tindakan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan keefektifan supervisi akademik Kepala Madrasah sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian hasil pembelajaran siswa MTs Darul Muttaqin Bungasunggu Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan kemampuan guru pada siklus I, II, dan III, yaitu sebesar 68,63%, 77,88%, dan 86,88%. Sedangkan ketuntasan individu pada siklus I, II, dan III sebesar 25%, 50%, 100%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi akademik Kepala Madrasah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian hasil pembelajaran siswa. Selain itu juga, kegiatan supervisi akademik ini juga efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian hasil pembelajaran siswa.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Masaong, Abd. Kadim. (2012). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, dkk. (2011). Buku Kerja Kepala Madrasah Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM, dan PMP Kementerian Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Kasmawati Kasmawati. (2023). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA MTs DARUL MUTTAQIN BUNGASUNGGU. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 93–105. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1047