PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI MI UJUNG BULO

Authors

  • Syamsu Alam MI Ujung Bulo Kec. Parangloe

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1050

Keywords:

Model PBL, Keterampilan Membaca

Abstract

Hasil observasi di lapangan ditemukan bahwa nilai keterampilan membaca siswa belum mencapai KKM, siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran, siswa masih jenuh saat belajar, motivasi belajar siswa kurang, dan interaksi saat pembelajaran belum maksimal. Oleh karena itu, peneliti ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan penerapan model PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI MI Ujung Bulo tahun pelajaran 2022-2023. Berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan terjadi peningkatan daya serap kelompok yang terjadi pada Siklus I, II, dan III sebesar 60,50%; 71,25%; dan 83,50%. Sedangkan peningkatan ketuntasan kelompok terjadi pada Siklus I, II, dan III sebesar 50,00%; 70,00%; dan 90,00%. Dan peningkatan ketuntasan individu yang terjadi pada Siklus I, II, dan III sebesar 10 siswa, 14 siswa, dan 17 siswa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI MI Ujung Bulo Kec. Parangloe Kab. Gowa tahun pelajaran 2022-2023. Selain itu juga, model PBL sangat efektif diterapkan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI MI Ujung Bulo Kec. Parangloe Kab. Gowa tahun pelajaran 2022-2023.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. (1997). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

di Kelas Rendah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Eggen, Paul, dkk. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi Enam. Jakarta: PT Indeks.

Guntur Tarigan, Henry. (1986). Teknik Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Guntur Tarigan, Henry. (2008). Membaca: sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Guntur Tarigan, Henry. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: CV Angkasa.

Kemdikbud. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ PBL. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

N. Cahyo, Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Rahim, Farida. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Resmini, Novi, dkk. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Bandung: UPI PRESS.

Ridwanudin, Dindin. (2015). Bahasa Indonesia. Jakarta: UIN PRESS.

Sudarman. (2007). Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. JJPI.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Ed. I. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Syamsu Alam. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI MI UJUNG BULO. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 106–121. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1050