KAJIAN SOSIOLINGUISTIK: ANALISIS CAMPUR KODE PADA AKUN TWITTER COLLEGEMENFESS

Authors

  • Ummi Kultsum Universitas Negeri Padang
  • Afnita Afnita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1058

Keywords:

Analisis, Campur Kode, Sosiolinguistik, Twitter.

Abstract

Penelitian ini membahas kajian sosilinguistik, tepatnya analisis penggunaan campur kode pada laman Twitter Collegemenfess. Laman Twitter ini merupakan salah satu auto base dengan pengikut terbanyak di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan penggunaan campur kode pada cuitan di Collegemenfess. Data yang ditemukan berupa sepuluh campur kode ke luar dan lima campur kode ke dalam. Penggunaan campur kode yang ditemukan berupa kata dasar, frasa, istilah dan kalimat. Penggunaan campur kode ke luar yang ditemukan yakni pada bahasa Inggris, lalu penggunaan campur kode ke dalam ditemukan pada bahasa Jawa, Sunda, dan Medan. Dapat disimpulkan, pengguna auto base Collegemenfess dalam berinteraksi di Twitter sering kali menggunakan campur kode untuk menyampaikan maksudnya.

 

 

 

 

References

Lestari, Dwi Alviana. (2018). Jenis Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMPN 3 Colomadu. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mustikawati, Diyah Atiek. (2015). Alih Kode dan Campur Kode antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidika dan Pembelajaran, 3(2), 23-31.

Nababan, P.W.J. (1984). Sosiolinguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka.

O’Reilly, Tim, Sarah M. (2009). The Twitter Book. Sebastopol: O’Reilly Media Inc.

Rokhman, Fathur. (2013). Sosiolinguistik: Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problem. Surakarta: Henary.

Walck, Pamela. (2013). Book Review Twitter: Social Communication in the Twitter Age. International Journal of Interactive Systems and Technologies, 3(2), 66-69.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Ummi Kultsum, & Afnita Afnita. (2023). KAJIAN SOSIOLINGUISTIK: ANALISIS CAMPUR KODE PADA AKUN TWITTER COLLEGEMENFESS . Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 122–130. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1058