Analisa Kemampuan Berbicara Dalam Berbahasa Inggris Pada Petugas Receptionist Wyndham Opi Hotel

Authors

  • M.Taslim Politeknik Pariwisata Palembang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1070

Keywords:

Analisis, Kemampuan Bicara Bahasa Inggris, Petugas Resepsionis

Abstract

Penelitian yang dilakukan akan dilakukan terhadap petugas receptionist Hyndham Opi hotel ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berawal dari sebuah gagasan untuk memperoleh gambaran yang utuh dan menyeluruh dalam mengungkap fakta, situasi, fenomena, kemampuan secara individu bagi petugas receptionist yang bersinggungan langsung dengan tamu dalam meningkatkan layanan utamanya kemampuan berkomunikasi atau speaking ability yang dimiliki oleh masing-masing pertugas receptionist hotel Wyndham kabupaten Banyu Asin Sumatera Selatan. Penilian kemampuan individu mengacu pada tingkatan kemampuan berbicara secara individu berdasarkan tiga tingkatan, yakni basic, intermediate dan advanced (tingkat kemampuan pemula, cakap dan mahir) berdasarkan standar CEFR – Common European Framework of Reference. Hotel Wyndham, yang merupakan hotel berbintang 5, tentu harapannya memiliki petugas receptionist dengan kemampuan minimal pada level cakap atau intermediate yang dapat merespon permintaan tamu atau menangani keluhan tamu secara langsung sehingga dapat melayani tamu dengan kemampuan berkomunikasi yang baik bagi semua petugas receptionist yang berada dalam sebuah departemen Front Office dalam manajemen hotel, khususnya hotel berbintang.

References

Brown, H. D. (2000). Principles of language learning and teaching (Vol. 4). Longman New York.

Brown, H. D., & Abeywickrama, P. (2004). Language assessment. Principles and Classroom Practices. White Plains, NY: Pearson Education.

Brown, H. D., Cohen, L., Manion, L., Morrison, K., Coşkun, E., Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., Hyun, H. H., Gardner, D., Harmer, J., Hayes, J. R., Hughes, A., Johnson, A. P., Klingner, J. K., Vaughn, S., Boardman, A., Linse, C. T., Nunan, D., Mann, S., … Jacobs, J. A. (2002). Research methods for English language teachers. In England: Longman (Vol. 47, Issue 4). Routledge.

Fraenkle, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (Beth Mejia (ed.); 8th ed.). McGraw-Hill.

Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Margono, S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi) (3rd ed.). Remaja Rosda Karya.

Purwanto, M. B., & Hidayad, F. (2022). English Learning Strategies for Vocabulary Mastery. English Education: Journal of English Teaching and Research, 7(2), 178–189. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jetar.v7i2.18457

SAPUTRO, R. A. D. I. (2019). PENGARUH FRONT OFFICE, HOUSEKEEPING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN KAMAR DI HOTEL SWISS-BELINN MANYAR SURABAYA. STIE MAHARDHIKA SURABAYA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.

Turnbull, M., & Dailey-O’Cain, J. (2009). First Language Use In Second and Foreign Language Learning. In Techset Composition Ltd., Salisbury, UK (Vol. 59).

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

M.Taslim. (2023). Analisa Kemampuan Berbicara Dalam Berbahasa Inggris Pada Petugas Receptionist Wyndham Opi Hotel . Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 131–145. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1070