PENERAPAN SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN)

Authors

  • Hatijah Hatijah MIS Maarif NU Silanggaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1076

Keywords:

Supervisi Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis PAKEM, Kinerja Guru

Abstract

Supervisi pembelajaran merupakan salah satu tugas Kepala Madrasah sebagai supervisor untuk melakukan pengamatan dan penilaian terhadap kompetensi (kemampuan guru) dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, ditemukan masalah diantaranya pelaksanaan pembelajaran masih berpusat kepada guru. Supervisi pembelajaran masih belum maksimal dilakukan bimbingan kepada guru. Oleh karena itu, berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti di lapangan, maka peneliti sebagai kepala madrasah ingin melakukan suatu penelitian tindakan yang bertujuan untuk mengetahui penerapan dan keefektifan supervisi pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan tugas mengajar berbasis PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) pada MIS Maarif NU Silanggaya Kec. Tombolopao Kab. Gowa Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan kinerja guru terhadap daya serap kelompok pada siklus I, II, dan III sebesar 69,40%; 77,50%; dan 85,36%. Sedangkan peningkatan kinerja guru terhadap ketuntasan kelompok pada siklus I, II, dan III sebesar 69,40%; 73,33%; dan 86,67%. Dan peningkatan kinerja guru terhadap daya serap individu pada siklus I, II, dan III sebanyak 7 guru, 11 guru, dan 13 guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi pembelajaran memiliki efektivitas dan dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan tugas mengajar berbasis PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto & T. Rachmawati. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Kemendikbud. (2012). Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru, Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Kemendikbud, Badan PSDMP dan PMP.

Masaong, Abd. Kadim. (2012). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.

Widyastono, Herry. (1999). Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (5).

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Hatijah Hatijah. (2022). PENERAPAN SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN). Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 157–170. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1076