MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DENGAN MEDIA BLOG DI MASA PANDEMI COVID 19 SMPN 1 KUTA

Authors

  • I Dewa Gede Alit Rai Bawa SMP Negeri 1 Kuta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1095

Keywords:

media blog, minat, motivasi, perhatian, perasaan

Abstract

Dalam era digital ini ilmu bisa diperoleh dari mana saja tergantung bagaimana kegigihan siswa untuk belajar lebih giat lagi, dengan media blog ini kita bisa melihat berapa kali materi-materi kita ditonton penayangannya tetapi tidak dapat menganalisa informasi melalui hal tersebut sehingga diperlukan survey, dan wawancara tertulis untuk memperoleh analisa informasi yang dapat dikaji pada aspek minat belajar yang kedepannya juga sebagai masukan dalam pengembangan media blog selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui keberhasilan dari inovasi dan menambah media literatur pembelajaran IPS dalam meningkatkan minat belajar IPS dimasa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data kuesioner/survey,observasi, wawancara. Simpulan dari penelitian ini berdasarkan 3 indikator yang diamati yaitu perhatian, perasaan, dan motivasi, media blog dalam pembelajaran IPS pada SMP Negeri 1 Kuta mendapatkan respon yang baik dari siswa. Media pembelajaran sangat banyak, diharapkan guru-guru menguasai salah satu media pembelajaran yang ada secara mendalam dan dikemas dengan baik, sehingga media pembelajaran tersebut dapat menjadi fasilitas pembelajaran antara siswa dengan guru, dan siswa senang dan memahami apa yang guru ajarkan.

References

Andani, D. A. (2016). Pemanfaatan Media Blog Dalam Meningkatkan Menggunakan Metode Survey Question Read Recite Dan Review ( Sq3R ) Di Smp Mataram Semarang.

Arif.S, S. dkk. (2002). Media Pendidikan. Rajawali Pers.

Endah, N. (2017). Efektivitas Pemanfaatan Web Log (Blog) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Limit Fungsi di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Yogyakarta TA 2016/2017. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Fahyuni & Istikomah. (2016). Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif Page i. 206.

Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Budi Harto, S. E., MM, P. I. A., Mulyanto, M. E., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, I. G. I., & Kom, S. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BERBAGAI SEKTOR PADA MASA SOCIETY 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Husaini, U. (2015). Model Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan, 3, 139.

Kemdikbud RI. (2020). Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik. Http://Kemdikbud.Go.Id/, 57946100(Mei).

Khairiyah, Erliza; Fernandes, R. (2021). Pengembangan Blog Modul Sosiologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA N 2 Bilah Hulu. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 267–276.

Maulida, S. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Blog Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di MTS Al-Falah Jakarta Selatan.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Safitri, B. R. A. (2016). Internet Is One Medium That Can Be Used in Teaching Information and Communication Technology (Ict) Courses Online Oriented By Using Blogger. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(2), 95. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v4i2.833

Sartono. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah. Transformatika, 12(1), 120–134.

Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Bali. (2020). Surat Edaran Nomor 09/SATGAS COVID19/III/2020 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI RUMAH.

Taradisa, N., Jarmita, N., & Emafilda. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 MIN 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry : Leading Through Islamic Civilzation, 1–11.

Yohana, Muzakir, & Hardianti, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin. Jurnal Tirai Edukasi, 1(4), 1–8.

Yulianingsih, D., & Lumban Gaol, S. M. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 100–119. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Bawa, I. D. G. A. R. (2022). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DENGAN MEDIA BLOG DI MASA PANDEMI COVID 19 SMPN 1 KUTA. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 171–183. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.1095