Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Vii Dan Viii Di Smp N 1 2x11 Enam Lingkung

Authors

  • Sulastri Nengsih Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Khairuddin Khairuddin Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1118

Keywords:

Pemberian Reward, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti yang menemukan bahwa pemberian reward yang tepat atau sesuai kepada siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya adalah guru memberikan pujian kepada siswa saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian reward terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode korelasional. Dengan populasi peserta didik kelas VII, VIII SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 450 siswa yang akan diambil sampel sebesar 15% yaitu menjadi 66 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional stratified random sampling. Dalam penelitian ini akan digunakan dua instrumen yaitu instrumen Pemberian Reward dan instrument motivasi Belajar. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman terlihat dari nilai koefisien determinasi antara variabel X dan Y adalah sebesar KD = 21,8089%. Angka ini menunjukkan bahwa 21,8089% Motivasi belajar ditentukan oleh pemberian reward dan selebihnya ditentukan oleh faktor lainnya.

References

Achsanuddin. 2013, Program Pengalaman Lapangan Wahana Pembentukan Profesionalitas Guru, Mataram: LEPPIM IAIN MATARAM.

Ali, Muhammad. 2010, Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

AM Sardiman. 1992, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajawali Pers.

Andriani, Durri dkk. 2013, Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka.

Andriati, Irna Zulfani Sesmiarni, Armanida, Jurnal Educative: Jurnal of Educational Studies, Implementasi Pendekatan Scientific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar, Vol 2, No2, Juli-Desember 2017

Arifin, M. 2003 Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdipliner, cet 1 Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010, Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Armai, Arief. 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : PT Intermasa.

Atikah, Hubungan Reward Dengan Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Teratai Umbulharjo Yogyakarta (Jurnal, Universitas Negeri Yogyakarta).

Daradjat, Zakiah. 2008, Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teori Psikologi.Cet. 3 Jakarta: Rhineka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Furkan, Nuril. 2013. Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah, Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Hasibuan dan Moedjono, 2008, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasil Wawancara dengan Ibu Yarniyati, S. Pdi, selaku guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung.

Pratama, Andy Riski, et al. "Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Kota Bukittinggi." CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan 3.1 (2023): 16-28.

Ramayulis. 2002 Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, Cet ke-3.

Riduwan. 2013, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta.

Rifai, Moh Hanif. 2018, Penerapan Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di MTS Sunan Kalijaga Malang Skripsi, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Rusydie, Salman. 2012, Tuntunan Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta: Flash Books.

Sugiyono, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 1993, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryana, Toto dkk. 2006, Pendidikan Agama Islam, Bandung: Tiga Mutiara.

Syaiful Bahri Djamarah, 2000Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). 2013, Bandung: Fokus Media.

Usmar, Siti Fatimah dan Irna Andriati, HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA, Pengaruh Game Online Terhadap Minat Siswa Belajar PAI Pada Kelas IX di SMP 6 Pasaman Barat, Vol. 2 Special Issue 2022,

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Sulastri Nengsih, Darul Ilmi, Salmi Wati, & Khairuddin Khairuddin. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Vii Dan Viii Di Smp N 1 2x11 Enam Lingkung. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 146–157. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1118