Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Ramadhani Kurniawan Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam
  • Afi Parnawi Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Sina Batam

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148

Keywords:

literasi, mutu pendidikan.

Abstract

Literasi tidak sekadar pemahaman tentang baca tulis tetapi bagaimana mengaplikasikan pengetahuan literasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang akan dapat dengan mudah memahami konsep literasi jika memiliki pendidikan, baik pendidikan formal maupun nonformal. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang tentu akan semakin memudahkannya untuk dapat memahami konsep literasi. Dengan memiliki kemampuan literasi yang baik diharapkan mutu pendidikan akan semakin baik pula.

References

Hakim, Rosniati. 2014. Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Berbasis Alquran: dalam Jurnal Pendidikan Karakter. Padang: Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol.

Lerner, Janet W. 1988. Learning Disabilities: Theories, Diagnosis, and Strategies. New Jersey: Houghton Mifflin Company.

Lickona, Thomas. 2008. Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik). Bandung: Nusa Media.

Priyatni, Endah Tri dan Nurhadi. 2017. Membaca Kritis dan Literasi Kritis. Tangerang: Tira Smart.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trisnawati, Hawa Ajeng. 2018. Pelaksanaan Kegiatan Literasi dalam Pembentukan Karakter Siswa” (Skripsi). Jakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Wiyanto, Asul. 2006. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Ramadhani Kurniawan, & Afi Parnawi. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan . Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184–195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148