Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis Pada Penulisan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X SMA Bakti Negara

Authors

  • Yustina Sako SMA Bakti Negara
  • Roekhan Roekhan SMA Bakti Negara
  • Sunoto Sunoto SMA Bakti Negara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1406

Keywords:

error language; syntax landscape; writing a personal experience.

Abstract

This research aims to describe the level of syntax errors that include aspects of phrases and sentences on writing personal experience grade X SENIOR HIGH SCHOOL Stella Gratia Atambua. This research uses qualitative research designs with the kind of descriptive research. The results of this study indicate that many students make a mistake on a sentence structure that covers ten aspects. These findings prove that students pay attention to the use of grammar in writing, lack of vocabulary which  belonged to the students, the influence of the use of local languages, and teachers less use of grammar in writing.

References

Arifin, E. Z., & H. Farid. 2009. Seribu Satu Kesalahan Berbahasa. Jakarta: AKA Press.

Arifin, E. Z., & S. Amaran. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi Sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK). Jakarta: Akademika Pressindo.

Byrne, D. 1988. Teaching Writing Skill. London dan New York: Longman.

Chaer, A. 1987. Penggunaan Preposisi dan Konjungsi Bahasa Indonesia. Ende: Nusa Indah.

Hakiki, M. 2014. Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Laporan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Mardan. 2000. Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Naskah Asli Artikel Mahasiswa yang Terbit di Surat Berkala Komunikasi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Martutik dan Rani, A. 2013. Menulis Berbasis Tugas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pateda, M. 1989. Analisis Kesalahan. Frores: Nusa Indah.

Putrayasa, I. B. 2006. Analisis Kalimat Fungsi, Kategori, dan Peran. Bandung: Refika Aditama.

Razali. 2005. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Lhoksukon, Aceh Utara. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Semi, M. A. 2007. Dasar– Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Setyawati, N 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumadi. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: A3 (Asih Asah asuh).

Suyitno, I. 2012. Menulis Makalah dan Artikel: Teori, Contoh, dan Praktik Pelatihan. Bandung: Refika Aditama. Tarigan, H. G. 2009. Pengajaran Remidi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-05-11

How to Cite

Yustina Sako, Roekhan Roekhan, & Sunoto Sunoto. (2023). Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis Pada Penulisan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X SMA Bakti Negara. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 48–60. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1406