Penerapan Model Pembelajaran Scramble Game untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri Minasa Upa Makassar

Authors

  • Rahmawati. A Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abd. Rahman Rahim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rarman A. Arif Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1512

Keywords:

Vocabulary Mastery, Scramble Game

Abstract

This type of research is class action research (Class Action Research) which consists of two cycles where each cycle is held in two meetings. The research procedure includes planning, implementing actions, observing and reflecting. The subjects of this study were 28 students of grade I at SD Negeri Minasa Upa Makassar. The results of the study showed that the test results for the first cycle of the class average reached 65 with a percentage of 60.7 achieved completeness, with 11 students having achieved mastery and 17 other students not. In cycle II the average obtained was 89.2 with a completeness percentage of 89.3 with 25 students having achieved mastery and 3 people had not. Based on the results of the research above, it can be concluded that the application of the Scramble Game Learning Model can improve vocabulary mastery in Indonesian Language learning Class 1 SD Negeri Minasa Upa Makassar.

 

 

References

Agustina, S. M., Priyatna, O. S., & Arif, S. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Debat Aktif Terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Fiqih Kabupaten Bogor. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 531-540.

Anisa. 2008. Peningkatan Penguasaan Kosakata dengan Media Wall Chart Pada Siswa Kelas 1 SD N 05 Bangsri Kabupaten Jepara. Ejournal.

Apriyanti, N.E. 2019. Keefektifan Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Indonesian jurnal of Education Research and Review.Arikunto, Suharmisi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung; CV Pustaka Setia, h.188.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32.

Chaer, Abdul. (2011).Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Desiana Wahyu Utami.2014. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Media Papan Selip (Slot Board) Pada Siswa Kelas Ii Sdn 2 Karangtalun Tahun 2013/2014. Ejournal.

Djiwandon, Soenardi. 2011. Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Malang: PT Indeks.

Ekawati (2002), Peningkatan Kemampuan Menguasai Kosakata dengan Media Sandikata pada Siswa Kelas II D SMU N Weleri. E-Journal.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigma. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isah Cahyani. 2012. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta; tpn, h. 53.

Nugroho (2003). Peningkatan Penguasaan Kosakata melalui Media Boneka dan Gambar pada Siswa Kelas Kosakata I SD Kaligentong I Ampel Boyola. E-journal.

Nurfidiatun, B. 2020. Penerapan Model Active Learning Tipe Permainan Bingo dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Mi Al-Markaz Al-Islami Maros. Skripsi. Makassar: Unismuh Makassar.

Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113-122.

Permendikbud Nomor 54 tahun 2013, Karakteristik Belajar Anak Usia 6-8 Tahun di sekolah Dasar.

Shoimin. Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-ruz Media.

Sriwahyuni. 2017. Pengaruh Model Active Learning Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Membaca Pantun Siswa Kelas IV SDN No.167 Inpres Malewang Kec. Polongbangkeng Utara Kab. Takalar. Skripsi. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Suprianto. 2014. Implementasi Metode Trading Place Untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Sejarah Siswa Sma Negeri 1 Seluas Kelas Xckabupaten Bengkayang Kalimantan Barat Tahun Ajaran 2013. Yogyakarta: Uny.

Tarigan, H. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Taringan. Henry Guntur. (2015). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Utami, Desiana Wahyu. 2014. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Media Papan Selip (Slot Board) Pada Siswa Kelas II.

Zaenal Arifin. 2016. Pedoman Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Rahmawati. A, Abd. Rahman Rahim, & Rarman A. Arif. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Game untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri Minasa Upa Makassar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 167–177. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i2.1512