Language Errors at the Syntactic Level in Writing Personal Experience of Class X SMA Bakti Negara
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i3.1835Keywords:
Kesalahan Berbahasa, Tataran Sintaksis, Kesalahan, Kemampuan, Matriks, Penulisan Pengalaman PribadiAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan tataran sintaksis yang meliputi aspek frase dan kalimat pada penulisan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA Bakti Negara . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan pada struktur kalimat yang meliputi sepuluh aspek. Temuan tersebut membuktikan bahwa siswa kurang memerhatikan penggunaan tata bahasa dalam menulis, minimnya kosakata yang dimiliki siswa, pengaruh penggunaan bahasa daerah, dan guru kurang memerhatikan penggunaan tata bahasa dalam menulis.
References
Arifin, E. Z., & H. Farid. 2009. Seribu Satu Kesalahan Berbahasa. Jakarta: AKA Press.
Arifin, E. Z., & S. Amaran. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi Sebagai Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK). Jakarta: Akademika Pressindo.
Byrne, D. 1988. Teaching Writing Skill. London dan New York: Longman.
Chaer, A. 1987. Penggunaan Preposisi dan Konjungsi Bahasa Indonesia. Ende: Nusa Indah.
Hakiki, M. 2014. Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Laporan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Mardan. 2000. Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Naskah Asli Artikel Mahasiswa yang Terbit di Surat Berkala Komunikasi. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Martutik dan Rani, A. 2013. Menulis Berbasis Tugas. Malang: Surya Pena Gemilang.
Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pateda, M. 1989. Analisis Kesalahan. Frores: Nusa Indah.
Putrayasa, I. B. 2006. Analisis Kalimat Fungsi, Kategori, dan Peran. Bandung: Refika Aditama.
Razali. 2005. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 2 Lhoksukon, Aceh Utara. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Semi, M. A. 2007. Dasar– Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Setyawati, N 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumadi. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: A3 (Asih Asah asuh).
Suyitno, I. 2012. Menulis Makalah dan Artikel: Teori, Contoh, dan Praktik Pelatihan. Bandung: Refika Aditama. Tarigan, H. G. 2009. Pengajaran Remidi Bahasa. Bandung: Angkasa.