Implementasi Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar

Authors

  • Irma Aprilia Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Nadhifah Bayu Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Nugraha Widya Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Raditya Bagus Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Shofia Lutfi Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2706

Keywords:

HOTS Based Learning, Critical Thinking, Elementary School

Abstract

High Order Thinking Skill (HOTS) is a way of thinking for students at a higher cognitive level. This research aims to prove whether the implementation of HOTS-based learning has an impact in improving students' critical thinking skills in mathematics learning in elementary schools. The research method used is a literature review using the Google Scholar and Semantik Scholar databases for the 2020-2023 period. The HOTS-based learning model focuses on developing analyzing, evaluating and creating which refers to students' abilities in critical thinking. Based on the 8 selected articles, it shows that the implementation of HOTS learning in mathematics subjects can be implemented through learning models such as Game Based Learning or Digital Game Based Learning, teacher skills in implementing learning and developing assessments need to be considered. The application of HOTS learning is considered effective and able to improve students' critical thinking skills.

References

Aji, N., Chumdari, C., & Karsono, K. (2021). Analisis soal penilaian harian berdasarkan perspektif hots dalam pembelajaran tematik semester 1 kelas V di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(4).

Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan media pembelajaran game matematika berbasis HOTS dengan metode digital game based learning (DGBL) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885-1896.

Dewi, R. A. K., A'eni, E. Q., & Wijaya, T. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 16(1).

Harniati, W. (2020). Implementasi Pendekatan Pembelajaran HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IX. 3. Journal on Teacher Education, 2(1), 207-213.

Jusra, H., & Alyani, F. (2021). Pelatihan untuk guru-guru SD dalam membuat instrumen HOTs mata pelajaran matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(1), 167-172.

Kiromiah, E. W., Asih V.Y, I., & Pamungkas, A. S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 187–199.

Mendri, M. A., Retta, A. M., & Syaflin, S. L. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 6 TALANG KELAPA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 365-376

Muthmainnah, A., Rahma, D., Ashifa, R., Rohmah, S., & Prihantini. (2020). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9325–9332.

Nurlaily, V. A., Sholihah, H. I. A., Wulandari, R. A., & Sa’diyah, A. (2021, March). The Development of HOTS-Based Mathematics Teaching Materials in Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1842, No. 1, p. 012042). IOP Publishing.

Safitri, A., Wardani, A. D., & Serly, W. A. (2022). Pengaruh Penerapan Soal Hots Sebagai Bagian Dari Kurikulum 2013 Terhadap Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(1), 29-34..

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257.

Sari, I. W. N. (2023). Pengaruh Penerapan Metode HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(1), 28-40.

Surya, A., Retnawati, H., Haryanto . (2023). Findings and Implications of Social Emotional Learning (SEL) in Paternalistic Culture in Elementary Schools:. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 151-158.

Toybah, T., & Hawa, S. (2022). Kepraktisan buku ajar berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada mata kuliah pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 174-181.

Trisna, D. P., & Chandra, A. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DENGAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA DASAR PADA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK LESTARI TULIS BATANG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1244-1259.

Wahyuningsih, A., Sumardjoko, B., & Desstya, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Tematik. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 9(1), 45–52.

Wicaksono, A., & Sugiharto, F. B. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) DI SEKOLAH DASAR KOTA MALANG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 598-605.

Widana, I. W. (2022). Pengembangan asesment HOTS mata pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 129-141.

Yunita, I., Handayani, A., & Nugroho, A. A. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN BERBASIS HOTS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DAN CAMPURAN PADA MURID KELAS VI SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2189-2201.

Downloads

Published

2024-01-06

How to Cite

Irma Aprilia, Nadhifah Bayu, Nugraha Widya, Raditya Bagus, & Shofia Lutfi. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), 59–68. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i1.2706