Eksplorasi Efektivitas Media-Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Tunarungu: Kajian Literatur

Authors

  • Meivira Ashifa Nanda Herdian Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Sarmita Anatasya Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Wahyu Wahyu Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Shifa Amelia Nur Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Siti Hamidah Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3099

Keywords:

Anak tunarungu, Bisindo, Video, Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media-media pembelajaran anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literature Review  dengan diperkuat dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Setelah melalui beberapa langkah proses penelitian, akhirnya dipilih 19 referensi literatur yang relevan. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa video BISINDO efektif dalam memberikan representasi visual yang jelas tentang bahasa isyarat, memfasilitasi pemahaman kosakata dan struktur kalimat, serta memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran video efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak tunarungu mengenai Bahasa Indonesia.

References

Anugerah, S. Y., Ulfa, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 76–85. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p076

Arianti, F., Suwandayani, B. I., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Permainan Fruit word puzzle pada Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Tunarungu di SDN Mojorejo 1 Kota Batu. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 423–439. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5355

Firdaus, A., Purbaningrum, E., & Murtadlo. (2021). MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN CUACA DALAM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB BAGI SISWA TUNARUNGU Alfiana Firdausi Endang Purbaningrum Murtadlo Abstract Deaf students often experience a decrease interest to learn when learning is verbal b. Jurnal Grab Kids, Vol, 1(1), 31.

Husna, Z. A., Salimi, M., & Suryandari, K. C. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Juherna, E., Sugihartini, E., Farwati Putri, A., Valentina, F. V., Halimatul Mutmainah, L., & Ramadhaniati, V. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tunarungu Lewat Media Gambar. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 256–261. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1219

Kurniawati, L., & Zanta, Z. (2023). Media Pembelajaran Video Animasi Bisindo dalam Pengenalan Kosakata pada Peserta Didik SDLBN 2 Sumbawa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2900–2905.

Mahdalena, R., Sujarwanto, S., & Budayasa, I. K. (2023). Pengembangan Media Permainan Edukatif Tebak Gambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Siswa Tunarungu. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(2), 76–85. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i2.19082

Masteni, M., & Azizah, N. (2023). Media Busy Book untuk Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu di SLB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 904–914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3494

Mursalat, M., Siregar, E., & Tarjiah, I. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Desain Grafis untuk Buku Digital Interaktif bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Paedagogy, 10(2), 589. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7073

Pradnyani, I. A. A. Y., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Guru Pengajar Siswa Penyandang Tunarungu Di Slb Negeri 1 Buleleng. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 55. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.25479

Puspitasari, D. I., & Wagino. (2020). Pengembangan Digital Flipbook Kvisoft Maker dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 7.

Putri, C. J., Syahputri, L., & Surahman. (2022). Bimbingan Membaca Terhadap Abk Tuna Rungu. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(1), 19–26. http://melatijournal.com/index.php/Metta

Septiawati, D., Suryani, N., & Widyastono, H. (2021). Penggunaan Game Edukasi Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Tunarungu. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 1(1), 246–257. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines

Sofiarti, M. S., Murtadlo, M., & Sartinah, E. P. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Agama Katolik Berbantuan Bisindo di Komunitas Tunarungu Katolik. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 3(1), 39–44. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21879

Syani, M., & Hartanto, A. (2021). APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MOBILE ( STUDI KASUS SLBN-A CITEUREUP CIMAHI ). 3(1), 190–200.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Meivira Ashifa Nanda Herdian, Sarmita Anatasya, Wahyu Wahyu, Shifa Amelia Nur, & Siti Hamidah. (2024). Eksplorasi Efektivitas Media-Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Tunarungu: Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 102–121. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3099