Eksplorasi Efektivitas Media-Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Tunarungu: Kajian Literatur
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3099Keywords:
Anak tunarungu, Bisindo, Video, MediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media-media pembelajaran anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literature Review dengan diperkuat dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Setelah melalui beberapa langkah proses penelitian, akhirnya dipilih 19 referensi literatur yang relevan. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa video BISINDO efektif dalam memberikan representasi visual yang jelas tentang bahasa isyarat, memfasilitasi pemahaman kosakata dan struktur kalimat, serta memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran video efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak tunarungu mengenai Bahasa Indonesia.
References
Anugerah, S. Y., Ulfa, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 76–85. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p076
Arianti, F., Suwandayani, B. I., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Permainan Fruit word puzzle pada Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Tunarungu di SDN Mojorejo 1 Kota Batu. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 423–439. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5355
Firdaus, A., Purbaningrum, E., & Murtadlo. (2021). MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN CUACA DALAM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB BAGI SISWA TUNARUNGU Alfiana Firdausi Endang Purbaningrum Murtadlo Abstract Deaf students often experience a decrease interest to learn when learning is verbal b. Jurnal Grab Kids, Vol, 1(1), 31.
Husna, Z. A., Salimi, M., & Suryandari, K. C. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Juherna, E., Sugihartini, E., Farwati Putri, A., Valentina, F. V., Halimatul Mutmainah, L., & Ramadhaniati, V. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tunarungu Lewat Media Gambar. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 256–261. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1219
Kurniawati, L., & Zanta, Z. (2023). Media Pembelajaran Video Animasi Bisindo dalam Pengenalan Kosakata pada Peserta Didik SDLBN 2 Sumbawa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2900–2905.
Mahdalena, R., Sujarwanto, S., & Budayasa, I. K. (2023). Pengembangan Media Permainan Edukatif Tebak Gambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Siswa Tunarungu. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(2), 76–85. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v2i2.19082
Masteni, M., & Azizah, N. (2023). Media Busy Book untuk Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu di SLB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 904–914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3494
Mursalat, M., Siregar, E., & Tarjiah, I. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Desain Grafis untuk Buku Digital Interaktif bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Paedagogy, 10(2), 589. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7073
Pradnyani, I. A. A. Y., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Guru Pengajar Siswa Penyandang Tunarungu Di Slb Negeri 1 Buleleng. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 55. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.25479
Puspitasari, D. I., & Wagino. (2020). Pengembangan Digital Flipbook Kvisoft Maker dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 7.
Putri, C. J., Syahputri, L., & Surahman. (2022). Bimbingan Membaca Terhadap Abk Tuna Rungu. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(1), 19–26. http://melatijournal.com/index.php/Metta
Septiawati, D., Suryani, N., & Widyastono, H. (2021). Penggunaan Game Edukasi Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Tunarungu. CoMBInES - Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 1(1), 246–257. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines
Sofiarti, M. S., Murtadlo, M., & Sartinah, E. P. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Agama Katolik Berbantuan Bisindo di Komunitas Tunarungu Katolik. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 3(1), 39–44. https://doi.org/10.26740/gkjsen.v3i1.21879
Syani, M., & Hartanto, A. (2021). APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MOBILE ( STUDI KASUS SLBN-A CITEUREUP CIMAHI ). 3(1), 190–200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.