Analisis Psikologis pada Naskah Monolog HARI TERAKHIR SEORANG TERPIDANA MATI Karya Victor Hugo

Authors

  • Muhammad Hanif Hukama Universitas Siliwangi
  • Apsi Nugraha Universitas Siliwangi
  • Risma Ayu Destrian Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3172

Keywords:

drama, monologue, psychological

Abstract

Psychology in the Monologue Script "The Last Day of a Death Row Convict" by Victor Hugo discusses the psychology of the main character in the text. This script shows the main character who is on death row and experiencing significant psychological changes. This analysis uses a psychoanalytic approach to understand how the main character faces the death penalty and how these psychological changes influence his behavior. The results of the analysis show that the main character experiences complex and dynamic psychological changes. He experienced depression, hopelessness, and anxiety related to the death sentence he faced. The conclusion of this analysis is that Victor Hugo's "The Last Day of a Death Row Convict" presents a complex and dynamic main psychological character. Psychoanalysis helps understand how the main character faces the death penalty and how these psychological changes influence his behavior. The results of this analysis can be used to understand the psychology of individuals who face difficult situations and how they develop strategies to deal with these situations.

References

Basyari, A. (2017, June 10). Drama: Pengertian, struktur, ciri-ciri, jenis dan unsur drama. MajalahPendidikan.Com.

Hamdani, A. (2016). Drama “Malam Jahanam” karya Motinggo Busye: Sebuah telaah psikologis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(2). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i2.4485

Handayani, S. (2021, October 8). Pengertian drama menurut para ahli, bentuk, unsur, ciri dan contohnya.

Herman, M., & Mursalim, D. D. (2021a). Karakteristik dimensional tokoh utama monolog. Karakteristik Dimensional Tokoh Utama Monolog Racun Tembakau Jim Adhi Limas Dan S. Jai: Kajian Sastra Bandingan, 5.

Herman, M., & Mursalim, D. D. (2021b). Karakteristik dimensional tokoh utama monolog Racun Tembakau Jim Adhi Limas dan S. Jai: Kajian sastra bandingan. Karakteristik Dimensional Tokoh Utama Monolog Racun Tembakau Jim Adhi Limas Dan S. Jai: Kajian Sastra Bandingan, 5.

Hidayat, A. (2019). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “Matahari di Sebuah Jalan Kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Lastari, F. (2021). Unsur-unsur poskolonial dalam naskah drama anak-anak kegelapan karya Ratna Sarumpaet. Bastrando.

Makaf, A. (2021). Dramaturgi dan transformasi realita dalam naskah drama “Jalan Menyempit” karya Joni Faisal: Analisis unsur dramatik perspektif sosiologi dan psikologi. Nuansa Journal of Arts and Design, 4(2). https://doi.org/10.26858/njad.v4i2.18296

Naura, N. J., & Devi, W. S. (2022). Unsur psikologis tokoh Aini dalam naskah drama Perempuan dan Ilusinya karya Adhyra Pratama. Journal Educational of Indonesia Language, 3(2). https://doi.org/10.36269/jeil.v3i2.968

NurDayana, I., & Qur’ani, H. B. (2020a). Representasi gangguan psikologis tokoh orang pertama dan orang kedua dalam naskah drama “Aljabar” karya Zak Sorga: Telaah psikologi sastra. Pena Literasi, 2(2). https://doi.org/10.24853/pl.2.2.93-104

NurDayana, I., & Qur’ani, H. B. (2020b). Representasi gangguan psikologis tokoh orang pertama dan orang kedua dalam naskah drama “Aljabar” karya Zak Sorga: Telaah psikologi sastra. Pena Literasi, 2(2). https://doi.org/10.24853/pl.2.2.93-104

Purnamasari, E., & Maridja, Y. (2018). Konflik dalam naskah drama Tanpa Pembantu karya A. Adjib Hamzah: Pendekatan psikologi sastra. Caraka, 4(2). https://doi.org/10.30738/caraka.v4i2.2852

Purwasih, N. (2022). Analisis naskah drama Lumpur Kemiskinan karya Marjan Fariq adaptasi dari cerpen Gerobak karya Seno Gumira Ajidarma: Suatu pendekatan humaniora. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).

Raihanah, & Sumardi. (2021). Konflik batin tokoh utama dalam drama Az-Za’îm karya Musthafâ Mahmûd (Tinjauan psikologi sastra Sigmund Freud). An-Nahdah Al-’Arabiyah, 1(1). https://doi.org/10.22373/nahdah.v1i1.722

Rhomadhoni, F. Psikologi sosial dalam naskah drama “Anak-Anak Kegelapan” karya Ratna Sarumpaet dan pemanfaatannya sebagai alternatif materi pembelajaran drama di SMA.

Rofiq, A., & Naima, Z. (2023). Analisis konflik psikologis tokoh Lathifah dalam novel Cincin Kalabendu karya Liza Samchah. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v3i2.1937

Salsabila, N., & Devi, W. S. (2021). Analisis tokoh utama pada naskah drama “Cermin” karya Nano Riantiarno dengan pendekatan ekspresif. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.36072

Santy, M., Syah, E. F., Widyanti, D. R., & ... (2021). Konflik tokoh dalam film Koki-Koki Cilik karya Veara Varidia sebagai implikasi bahan ajar di SD: Pendekatan psikologis sastra. Ilmu Pendidikan dan ....

Suni, I. A. A. (2020). Konflik batin psikologis dalam naskah drama Badai Sepanjang Malam karya Max Arifin. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1.5275

Umam. (2019). Pengertian drama: Ciri, unsur, jenis, struktur, dan contohnya. Gramedia Blog.

Published

2024-05-24

How to Cite

Muhammad Hanif Hukama, Apsi Nugraha, & Risma Ayu Destrian. (2024). Analisis Psikologis pada Naskah Monolog HARI TERAKHIR SEORANG TERPIDANA MATI Karya Victor Hugo. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 176–184. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3172