Analisis Psikologis pada Naskah Monolog HARI TERAKHIR SEORANG TERPIDANA MATI Karya Victor Hugo
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3172Keywords:
drama, monologue, psychologicalAbstract
Psychology in the Monologue Script "The Last Day of a Death Row Convict" by Victor Hugo discusses the psychology of the main character in the text. This script shows the main character who is on death row and experiencing significant psychological changes. This analysis uses a psychoanalytic approach to understand how the main character faces the death penalty and how these psychological changes influence his behavior. The results of the analysis show that the main character experiences complex and dynamic psychological changes. He experienced depression, hopelessness, and anxiety related to the death sentence he faced. The conclusion of this analysis is that Victor Hugo's "The Last Day of a Death Row Convict" presents a complex and dynamic main psychological character. Psychoanalysis helps understand how the main character faces the death penalty and how these psychological changes influence his behavior. The results of this analysis can be used to understand the psychology of individuals who face difficult situations and how they develop strategies to deal with these situations.
References
Basyari, A. (2017, June 10). Drama: Pengertian, struktur, ciri-ciri, jenis dan unsur drama. MajalahPendidikan.Com.
Hamdani, A. (2016). Drama “Malam Jahanam” karya Motinggo Busye: Sebuah telaah psikologis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(2). https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i2.4485
Handayani, S. (2021, October 8). Pengertian drama menurut para ahli, bentuk, unsur, ciri dan contohnya.
Herman, M., & Mursalim, D. D. (2021a). Karakteristik dimensional tokoh utama monolog. Karakteristik Dimensional Tokoh Utama Monolog Racun Tembakau Jim Adhi Limas Dan S. Jai: Kajian Sastra Bandingan, 5.
Herman, M., & Mursalim, D. D. (2021b). Karakteristik dimensional tokoh utama monolog Racun Tembakau Jim Adhi Limas dan S. Jai: Kajian sastra bandingan. Karakteristik Dimensional Tokoh Utama Monolog Racun Tembakau Jim Adhi Limas Dan S. Jai: Kajian Sastra Bandingan, 5.
Hidayat, A. (2019). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “Matahari di Sebuah Jalan Kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Lastari, F. (2021). Unsur-unsur poskolonial dalam naskah drama anak-anak kegelapan karya Ratna Sarumpaet. Bastrando.
Makaf, A. (2021). Dramaturgi dan transformasi realita dalam naskah drama “Jalan Menyempit” karya Joni Faisal: Analisis unsur dramatik perspektif sosiologi dan psikologi. Nuansa Journal of Arts and Design, 4(2). https://doi.org/10.26858/njad.v4i2.18296
Naura, N. J., & Devi, W. S. (2022). Unsur psikologis tokoh Aini dalam naskah drama Perempuan dan Ilusinya karya Adhyra Pratama. Journal Educational of Indonesia Language, 3(2). https://doi.org/10.36269/jeil.v3i2.968
NurDayana, I., & Qur’ani, H. B. (2020a). Representasi gangguan psikologis tokoh orang pertama dan orang kedua dalam naskah drama “Aljabar” karya Zak Sorga: Telaah psikologi sastra. Pena Literasi, 2(2). https://doi.org/10.24853/pl.2.2.93-104
NurDayana, I., & Qur’ani, H. B. (2020b). Representasi gangguan psikologis tokoh orang pertama dan orang kedua dalam naskah drama “Aljabar” karya Zak Sorga: Telaah psikologi sastra. Pena Literasi, 2(2). https://doi.org/10.24853/pl.2.2.93-104
Purnamasari, E., & Maridja, Y. (2018). Konflik dalam naskah drama Tanpa Pembantu karya A. Adjib Hamzah: Pendekatan psikologi sastra. Caraka, 4(2). https://doi.org/10.30738/caraka.v4i2.2852
Purwasih, N. (2022). Analisis naskah drama Lumpur Kemiskinan karya Marjan Fariq adaptasi dari cerpen Gerobak karya Seno Gumira Ajidarma: Suatu pendekatan humaniora. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
Raihanah, & Sumardi. (2021). Konflik batin tokoh utama dalam drama Az-Za’îm karya Musthafâ Mahmûd (Tinjauan psikologi sastra Sigmund Freud). An-Nahdah Al-’Arabiyah, 1(1). https://doi.org/10.22373/nahdah.v1i1.722
Rhomadhoni, F. Psikologi sosial dalam naskah drama “Anak-Anak Kegelapan” karya Ratna Sarumpaet dan pemanfaatannya sebagai alternatif materi pembelajaran drama di SMA.
Rofiq, A., & Naima, Z. (2023). Analisis konflik psikologis tokoh Lathifah dalam novel Cincin Kalabendu karya Liza Samchah. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v3i2.1937
Salsabila, N., & Devi, W. S. (2021). Analisis tokoh utama pada naskah drama “Cermin” karya Nano Riantiarno dengan pendekatan ekspresif. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.36072
Santy, M., Syah, E. F., Widyanti, D. R., & ... (2021). Konflik tokoh dalam film Koki-Koki Cilik karya Veara Varidia sebagai implikasi bahan ajar di SD: Pendekatan psikologis sastra. Ilmu Pendidikan dan ....
Suni, I. A. A. (2020). Konflik batin psikologis dalam naskah drama Badai Sepanjang Malam karya Max Arifin. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i1.5275
Umam. (2019). Pengertian drama: Ciri, unsur, jenis, struktur, dan contohnya. Gramedia Blog.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.