Pengaruh Strategi Pembelajaran PBK (Proyek Belajar Karakter) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMK Swasta Prama Artha Bandar Huluan

Authors

  • Vira Wahyu Ningsih Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3858

Keywords:

Character Learning Project Strategy, Writing Skills, Drama Text

Abstract

This research aims to, (1) To analyze students’ skills in writing drama texts using the Character Learning Project strategy for class XI students at Prama Artha Bandar Huluan Private Vocational School. (2) To analyze students’ skills in writing drama texts without using the Character Learning Project strategy for class XI students at Prama Artha Bandar Huluan Private Vocational School. (3) To analyze the influence of the Character Learning Project strategy on the drama text writing skills of Prama Artha Bandar Huluan Private Vocational School class students. The population in this study were class , and writing linguistic rules for drama texts. The method used in this research is a two group posttest design. Data analysis techniques use analysis prerequisite tests, normality tests, and hypothesis tests. The research results in the control class obtained an average of 71.58 and were included in the sufficient category. Meanwhile, the research results used the Character Learning Project strategy 82.19 and were included in the very good category. Through hypothesis testing, namely 2.02 7.57, it can be concluded that there is a significant influence from the use of the Character Learning Project strategy on the Drama Text Writing Skills of Class XI Students of Prama Artha Bandar Huluan Private Vocational School.

References

Aritama, Soni, dkk. (2022). Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR) Keterampilan Menulis sebagai Upaya Ekskalasi Minat dan Optimalisasi dalam Proses Pembelajaran Secara Online di masa Pandemic.

Budimansyah, D., (2021). Proyek Belajar Karakter. Widya Aksara Press.

Budimansyah, & Winaputra. (2012). Pendidikan Kewarganegaran dalam Persferif Intrnasional. Bandung: Widya Aksara Pres.

Budimansyah, D., Suharto, N., & Nurulpaik, I. (2019). Proyek Belajar Karakter untuk Mengembangkan Literasi Baru Abad 21. Gapura Press (Cetakan pe, vol 1). Bandung; Gapura Press. Https://doi.org/10.1017/CB09781107415324.004.

Budimansyah, Dasim, dkk. 2010. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, Bandung : Genesindo.

Dalman. (2020). Keterampilan Menulis. Depok; PT. Raja Grafindo Persada.

Dasim Budiansyah. 2009. PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Bandung: PT Ganesindo.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswin Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukuranny: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca/article/view/8073

http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57269

Indonesia, 5(1), 15-24.

Ishak, Saidulkarnain. 2014. Cara Menulis Mudah. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Ismayani, G. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Naskah Drama Calon Arang Karya Dolfry Inda Suri Sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra Peserta Didik Kelas Viii Smp (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Kade Sartika, I.W.S. (2014). Pengaruh Model Pembelajran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berfikir Kritis . Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Komaidi, Didik. 2019. Panduan Lengkap Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda. Media.

Lubis, Joharis & dkk. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Dasar Teoretis dan

Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuandi dan Kesesuaiannya Dengan Tututan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bandung: Universitas Pasundan.

Nuryanto, T. (2017). Apresiasi Drama. Depok.; Rajawali Press.

Rohana dan Nur Indah. (2021). Seni Drama. Makasar; Universitas Negeri Makasar.

Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar gender dan feminisme: Pemahaman awal kritik sastra feminisme. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sari, R. T. (2018a). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 30(1), 79-83. Jambi : Biodik .

Seraya, W.I. (2020) Analisis Unsur-Unsur Drama Bidadari yang Ke Empat Karya Yusef Muldiyana sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas XI. SKRIPSI, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bandung: Universitas Pasundan.

Siregar, Eveline< Dra., M.PD. dan Nara, Hartini M.Si. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor. Ghalia Indonesia.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Suherli dkk. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas 11. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suparyanta, A. (2019). Jenis – Jenis Drama. Yogyakarta: PT. Penerbit Intan Pariwara.

Sutaryat, V.W. (2021) Analisis Pragmatis Terhadap Tindak Tutur Ilokusi Dalam

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suyoso & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tarigan, H., 2017 Keterampilan Berbahasa , Bandiung: CV Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung; Angkasa Bandung.

Ulfa, Nurul dkk. (2018). Keterampilan Menulis Teks Drama Bahasa Makasar Melalui Media Gambar Siswa kelas VII Smp Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Artikel. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negerin Makasar.

Wahid, F. I., & Solihat, I. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Drama Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Untirta Melalui Video Pementasan Drama. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra

Widiastuti,F.,Amin,S., dan Hasbullah, H. 2022. Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method Dalam Upaya meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. Edumaspul – Jurnal Pendidikan. 6(1), hal. 728-731.

Wiyanto & Raharjo. (2019). Analisis Struktur Drama (Panduan Praktik Analisis bagi Pengajar). Sukoharjo: CV Sindunata.

Published

2024-07-04

How to Cite

Vira Wahyu Ningsih. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran PBK (Proyek Belajar Karakter) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMK Swasta Prama Artha Bandar Huluan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 110–128. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i3.3858