EFEKTIVAS LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBANTU PERMASALAHAN SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.797Keywords:
Pandemi Covid 19, Layanan Bimbingan dan Konseling.Abstract
Situasi pandemic corona virus disease 2019 atau yang biasa disingkat dengan covid-19 menjadi sebuah tantangan global. Dalam mencegah penyebaran virus beberapa pemerintah daerah menetapkan kebijakan social distancing, WFH, dan Lockdown. Karena ada kebijakan Lockdown atau karantina ini menyebabkan kelumpuhan dalam berbagai sector. Hal tersebut sesuai dengan peraturan Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 dengan adanya istilah belajar dirumah. Untuk mewujudkan layanan bimbingan konseling pada masa pandemi ini, guru BK dituntut untuk menggunakan berbagai teknologi dalam menjalankan perannya dalam membantu permasalahan yang dialami oleh siswa di masa pandemi.
References
Anna Aisa,. (2020). Layanan Cybercounseling pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal BK Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 2.
Ardian Bayu Prakoso Wisnu Sadewo, Lydia Ersta K, Eko Adi Putro, (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Dan Konseling Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021, Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 7, No.2.
Herliandry, L. D. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Mardy Handika, Herdi Herdi,. (2021). Efektifitas Layanan E-Counseling dalam Membantu Permasalahan Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, (502)
Nurintan Muliani Harahap,. (2021) Konseling Online sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Bimbingan Konseling Islam,
Zaini, M. (2017). Manajemen Pendidikan (Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi). Kudus : IAIN Kudus.