KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR EFEKTIF PADA KELAS VII DI SMPN 1 KECAMATAN SULIKI

Authors

  • Ummul Khairina Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Khairuddin Khairuddin Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Jasmienti Jasmienti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.812

Keywords:

Kreatifitas Guru, Belajar Efektif.

Abstract

Dari penelitian yang telah dilakukan dapat dijelaskan bahwa kreativitas guru PAI dalam menciptakan situasi belajar efektif pada kelas VII di SMPN 1 Kecamatan Suliki adalah dengan menggunakan metode, media dan sumber belajar agar terciptanya situasi belajar yang efektif dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Metode yang digunakan oleh guru PAI di SMPN 1 Kecamatan Suliki adalah ceramah, tanya jawab dan diskusi. Media yang digunakan oleh guru PAI di SMPN 1 Kecamatan Suliki adalah dengan menggunakan papan tulis dan canva. Sember belajar yang digunakan oleh guru PAI SMPN 1 Kecamatan Suliki adalah bahan ajar yang dibuat oleh guru PAI itu sendiri, LKS, dan buku paket yang dipinjam diperpustakaan. Adapun faktor pendukung kreativitas guru PAI dalam menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif pada kelas VII di SMPN 1 Kecamatan Suliki yaitu, sarana dan prasarana yang lengkap dari sekolah seperti sekolah menyediakan wifi, labor, infokus, dan mushala. Faktor penghambat kreativitas guru PAI adalah datang dari guru seperti,  bagaimana guru itu bertanggung jawab kepada peserta didiknya dan faktor penghambat kreativitas guru bisa juga dating dari siswa seperti kemampuan siwa yang berbeda-beda dalam menrima pembelajaran yang diajarakan oleh guru.

References

Al-Qur’an, Surat An-Nahl Ayat 78, Al- Qur’an Dan Terjemah, Departemen Agama RI, 1993

Aminuddin & Wedra aprison, ‘Kreativitas Guru dan Kemampuan Mengelola Kelas terhadap Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 7.2 (2021), h. 125.

Andrianto, Edriagus Saputra, Novita Yanti, Syamsurizal, Winda Safitri, ‘Korelasi Persepsi Tentang Kreativitas Guru Pai Enam Lingkung’, Jurnal Of Islamic Education, 2.1 (2021), 37–51.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Bachri, Bachtiar S. ‘Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif’, Jurnal Teknologi Pendidikan, 10.1 (2010), hal. 55

Basori. ‘Inovasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 9. No 2 (2021), 122–32

Fakhrurrazi , ‘Hakikat Pembelajaran Yang Efektif’, Jurnal At-Tafkir, Vol 11.No 1 (2018), 85.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif (Jakarta: Bumi Aksara, 2015)

Haidir dan Salim, Strategi Pembelajaran (Medan: Perdana Publishing, 2014)

Hanafi, Zainuddin Halid, Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2018)

Iswantir, Sejarah , Peran Dan Kontribusi Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Bukittinggi: AURA, 2018)

Kamal, Muhiddinur, Guru Suatu Kajian Teoritis Dan Praktis (Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja, 2019)

Kenedi, ‘Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas II SMP Nergeri 3 Rokan IV Koto’, Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3.2 (2017), 329–48.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997)

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010)

Salmiwati, 'Konsep Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam', Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2.1 (2019), 37

Winarso, Widodo. ‘Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif , Deduktif Dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika’, Jurnal Eduma, 3.2 (2014), hal. 100.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Ummul Khairina, Darul Ilmi, Khairuddin Khairuddin, & Jasmienti Jasmienti. (2022). KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR EFEKTIF PADA KELAS VII DI SMPN 1 KECAMATAN SULIKI. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 63–73. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.812