UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PBI ( PROBLEM BASED INTRODUCTION ) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VIIA MTS-SA DARUL ULUM MAUK

Authors

  • Siti Rahmawati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.851

Keywords:

Hasil belajar siswa, pencemaran lingkungan, PBI (Problem Based Introduction).

Abstract

Pencemaran lingkungan merupakan pokok bahasan pelajaran IPA dikelas VII. Hasil belajar siswa kurang, maka perlu adanya upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran PBI(Problem Based Introduction).Tujuan penilitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa tentang pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Introduction) pada siswa kelas VIIA Mts-Sa Darul Ulum. Subjek peneliti adalah kelas VIIA Mts-Sa Darul Ulum. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yakni siklus 1, siklus 2. Pada siklus satu peneliti menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Introduction), hasil evaluasi pada siklus satu 59% siswa yang dapat mencapai KKM. Pada  siklus dua peneliti menggunakan model pembelajaran PBI (Problem Based Introduction) dengan penambahan pemutaran video yang berkaitan dengan materi pembelajaran, hasil evaluasi pada siklus dua 100% siswa yang dapat mencapai KKM. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBI (Problem Based Introduction) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pencemaran lingkungan.

References

Arsyad, Azhar. 2017. Media pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ali Muhamad. 2004. Belajar adalah suatu prilaku akibat interaksi dengan lingkkungannya. Tersedia: http://www.sarjanaku.com/2011/03/pengertian- definisi-hasil belajar.html.

Fida Rachmadiarti, dkk. 2018. ILmu Pengetahuan Alam kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Hamalik, Oemar. 2016. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawoto, dkk. 2014. Study Lapangan Ipa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Sudjana, Nana. 2004. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugianto. 2009. Model Model Pembelajaran inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 fkip UNS Surakarta.

Tim FKIP. 2009.Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Siti Rahmawati. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PBI ( PROBLEM BASED INTRODUCTION ) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VIIA MTS-SA DARUL ULUM MAUK. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 103–117. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.851