LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DAN GERAKAN REFORMIS : MUHAMMADIYAH
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.852Keywords:
Muhammadiyah, Reformis, PendidikanAbstract
Proses pembaruan pemikiran islam dicapai melalui kontak yang luas dengan negara-negara timur tengah yang menjadi pusat-pusat islam proses transformasi ini dilakukan oleh individu dan kelompok masyarakat yang ingin memperjuangkan identitas dan prinsip ajaran islam dalam kehidupan masyarakat indonesia.Hal ini terlihat tidak hanya ada tataran reformis pendidikan, tetapi juga dalam lingkup reformasi muhammadiyah yang lebih luas di berbagai bidang, seperti panti asuhan, rumah sakit, bank pengkredutan rakyat, dan merintis berdirinya baitul mal wa at – tamlil sebagai ciri masyarakat modern. Penciptaan Asosiasi Ilmuwan Gerakan Islam Indonesia (ICMI) adalah bentuk respon terhadap keterasingan masyarakat dan politik negara warga kelas menengah.Kesimpulan dari organisasi Muhammadiyah sebagaimana dalam AD/ART ialah menegakan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
References
Islam, Pendidikan, ‘AHMAD DAHLAN TENTANG PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ) ABSTRACT EDUCATION INSTITUTE OF MUHAMMADIYAH ( REVIEW OF THOUGHT K . H . AHMAD DAHLAN ABOUT ISLAMIC EDUCATION REFORM IN INDONESIA )’
Oleh, Skripsi, ‘Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Keluarga Muallaf Di Desa Jangkang Kecamatan Pasak Talawang Kabupaten Kapuas’, 2021
Pendidikan, D I Bidang, D A N Tokoh, and Muhammad Saw, ‘No Title’, 1.2 (1912), 139–48
Sltg, Sbk, ‘Metodologi Penelitian Kualitatif’
Subandi, Yeyen, ‘Gerakan Pembaharuan Keagamaan Reformis-Modernis : Studi Terhadap Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama’, 1.1 (2018), 54–66
Yusra, Nelly, ‘Nelly Yusra : Muhammadiyah, Gerakan Pembaharuan Pendidikan Islam’, 4.1 (2018), 103–25