Kesalahan Siswa SMP Negeri 6 Tondano Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Berdasarkan Taksonomi Solo

Authors

  • Fiorentina D. C. Runturambi Universitas Negeri Manado
  • Jhon R. Wenas Universitas Negeri Manado
  • Derel F. Kaunang Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.854

Keywords:

Analisis, Kesalahan, Taksonomi Solo.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk yaitu untuk menganalisis kesalahan siswa SMP Negeri 6 Tondano dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat berdasarkan Taksonomi Solo. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yang diikuti oleh 20 orang siswa dan dilakukan wawancara terhadap 5 orang siswa untuk mewakili setiap tahapan jawaban tes siswa berdasarkan Taksonomi Solo.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah persentase tahapan Prastruktural sebesar 10%; persentase tahapan Unistruktural sebesar 10%; persentase tahapan Multistruktural sebesar 55%; persentase tahapan Rasional sebesar 20%; dan persentase tahapan Exented Abstract sebesar 5%. Dimana kesalahan yang paling dominan dilakukan oleh siswa dibanding dengan lainya termasuk dalam tahapan Multistruktural yakni 55%.

References

Fitri, A., Kurniawati, N., & Mubaroh, Z. (2021). Respon peserta didik dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcome). MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 153-159.

Kalengkongan, L. N., Regar, V. E., & Mangelep, N. O. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(2), 31-38.

MALLISA, P. L. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO Ditinjau dari Gaya Kogntif dan Gender (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). PERANCANGAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.

Pasandaran, R. F. (2018). Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) Sebagai Assessment Autentik Untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Grafik Fungsi Trigonometri. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).

Pratiwi, N. D. (2015). Pengembangan instrumen evaluasi berbasis taksonomi Structure Of The Observed Learning Outcome (SOLO) untuk menentukan profil kemampuan siswa dalam memecahkan masalah fluida statis. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3).

Purwanti, S. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar dengan model Missouri Mathematics Project (MMP). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253-266.

Safitri, D., & Sos, S. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.

Sartika, I. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pendekatan Matematika Realitik di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 101.

Widiasari, F., & Hidayati, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Cerita Berdasarkan Taksonomi Solo (Structured of Observed Learning Outcome) di SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo. AL THIFL, 1(2), 1-8.

Widyawati, A., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah lingkaran berdasarkan taksonomi solo pada kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 1-9.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Fiorentina D. C. Runturambi, Jhon R. Wenas, & Derel F. Kaunang. (2022). Kesalahan Siswa SMP Negeri 6 Tondano Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 142–155. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.854