PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Melianah Melianah SMP Negeri 1 Prabumulih

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.869

Keywords:

Kemampuan Mengajar, Covid-19.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kemmapuan guru selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitaif deskriptif.  Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Kemampuan mengajar guru SMP Negeri 1 Prabumulih dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka selama pendemi covid-19 telah berjalan dengan baik; (2) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan mengajar antara lain kendala waktu, kesibukan guru, kondisi peserta didik yang beragam, faktor pengalaman mengajar dan masa kerja,guru merasa kesulitan mengoperasikan media pembelajaran, lingkungan dan media pembelajaran yang tersedia di sekolah jumlahnya terbatas, kendala ruang atau laboratorium; (3) Upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan dalam meningkatkan kemampuan mengajar antara lain mencari informasi dari internet, melakukan diskusi dengan teman sejawat, belajar secara mandiri, menyusun modul ajar untuk beberapa pertemuan sekaligus, menggunakan media pembelajaran yang sederhana seperti media gambar atau benda-benda konkrit yang ada di lingkungan sekitar, guru menggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia di sekolah.

References

Ali, M., Erihadiana, M., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2021). Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam. 2(1), 1–16.

Basra, B., Remmang, H., & Saleh, H. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Kualitas Didik Pada SMP Negeri Di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Bosowa Journal of Education, 2(2), 88-89.

Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 1(2), 94-109.

Hasanah, A. (2012). Pengembangan profesi guru. Bandung: CV. Mustika Setia.

Hasan, I. (2014). Analisis kinerja koperasi pertanian dalam tataniaga komoditas ekspor di Kabupaten Aceh Tengah-Provinsi Aceh dalam menghadapi persaingan antar negara asean 2015. 3(6), 12–20.

Jasmani & Mustofa. (2014). upervisi Pendidikan Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Kadiyono, K. (2012). Pengembangan Kurikulum SDSN Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Boja (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mangkunegara A P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles and Hubarman. (2013). Analisis Data Kualitatif (Tjetjeb Rohendi Rohandi (ed.)). Universitas Indonesia.

Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.

Munir, (2013). Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Prawirosentono, S. (2010). Manajemen Produktivitas.Jakarta: PT. Bumi Angkasa

Perdirjen GTK No 6565 Tahun 2020 Tentaang Kompetensi Dalam Pengembangan Profesi Guru.

Puspitasari, H. (2018). Standar proses pembelajaran sebagai sistem penjaminan mutu internal di sekolah. Muslim heritage, 2(2), 339-368.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Solihin, I. (2013). Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Wiyani, A. (2015). Manajemen Kelas. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media

Yamin M dan Maisah. (2014). Standarisasi Kinerja Guru. Persada Press.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Melianah Melianah. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(4), 189–203. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.869