TUTUR ILOKUSI DALAM WEB SERIES IMPERFECT 2 EPISODE 1 KARYA ERNEST PRAKASA (ANALISIS PRAGMATIK)

Authors

  • Suci Wulandari Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Intan Sari Ramdhani Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i2.959

Keywords:

analisisfilm.,ilokusi,studi pragmatik.

Abstract

Analisis ini bermaksud menggambarkan wujud tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam web series Impefect 2 Episode 1. Metode penelitian yang merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data berupa video web series Impefect 2 Episode 1 pada platform We TV. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik simak, rekam dan catat, hasil catatan mengandung dialog para tokoh web series Impefect 2 Episode 1. Berdasarkan analisis data yang ditelaah di dalam web series Impefect 2 Episode 1 terdpat tindak ilokusi dengan jenis asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklarasi. Jenis tindak tutur ilokusi yang diujarkan oleh para tokoh Web Series Imperfect 2 Episode 1 berjumlah 2, jenis direktif yang berjumlah 2, jenis komisif  berjumlah 1, jenis ekspresif  berjumlah 3 dan jenis deklarasi yang berjumlah 2. Jenis terbanyak yang terdapat dalam Web Series Imperfect 2 Episode 1 yakni jenis ekspresif, hal ini dikarenakan Web Series Imperfect 2 Episode 1 banyak mengandung adegan yang menggambarkan sikap psikologis para tokoh.

References

Ambeua, S. 2019. “Tindak Ilokusi dalam Novel The Three Muskeeters Karya Alexandre Dumas : Suatu Analisis Pragmatik.

Anastary. A. 2017. “Tindak Tutur Ilokusi pada Video Story Time With Jovi di Media Sosial Youtube : Undergraduate thesis

Cummings, Louise. 2010. Pragmatik Klinis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Harimurti Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Suci Wulandari, & Intan Sari Ramdhani. (2023). TUTUR ILOKUSI DALAM WEB SERIES IMPERFECT 2 EPISODE 1 KARYA ERNEST PRAKASA (ANALISIS PRAGMATIK). Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i2.959