PENGEMBANGAN METODE CERITA GAMBAR BERBASIS WEBSITE INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA LISAN DAN BUDAYA LOKAL BAGI ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i2.967Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode cerita gambar berbasis website interaktif terhadap kemampuan bahasa lisan dan budaya lokal bagi anak usia dini. Penelitian menggunakan mix-method dengan varian exploratory. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan dengan metode Research and Development (R&D) atau metode penelitian dan pengembanga. Prosedur penelitian pengembangan ini terdiri dari 10 langkah sebagai berikut: tahap I penelitian dan pengumpulan informasi, tahap II perencanaan dan pengumpulan data, tahap iii mengembangkan produk awal, tahap iv validasi produk, tahap v revisi produk tahap I, tahap VI uji coba terbatas, tahap vii revisi produk tahap II, tahap viii uji coba lapangan, tahap IX penyempurnaan produk akhir, tahap X diseminasi. Uji efektivitas dalam penelitian menggunakan penelitian Quasy Experiment, yaitu jenis penelitian yang memberikan perlakuan (eksperimen) dengan menggunakan kelompok perlakuan dan kelompok pembanding. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa teknik deskriptif kuantitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data deskriptif berupa instrumen non tes dengan menggunakan angket yang diukur menggunakan skala likert. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif berupa skor angket dan tes. Skor angket terdiri atas penilaian ahli desain tampilan, ahli materi, ahli pembelajaran dengan menghitung persentase jawaban.
References
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, John. 2019. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta.: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. CV. Alfabeta.
Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Bandung: Alfabeta, 2010), h. 44
Rusman, Model-Model Pembelajaran (Jakarta : Rajawali Pers, 2011)
Yuhefizar, Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunkan Content Mangement System Jomla CMS, (Jakarta : PT Gramedia, 2009), h.2
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Qomaria, N. (2020). Guru menggunakan metode sosiodrama dalam mengembangkan keterampilan berbahasa anak yang masih rendah di TK Darussalam Wedoro Belahan Waru http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/44183
Ditjen PAUDNI, Pedoman Pendekatan Saintifik, Jakarta: Kemendikbud, 2014
Hemah, Eneng (2018) Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 1 Mei 2018
Arif, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran Mind Mapping berbasis perangkat lunak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X untuk meningkatkan …. http://digilib.uinsby.ac.id/38370.
Ki Hadjar Dewantara, Kebudayaan (Yogyakarta: Penerbit Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, 2011.
Abdul Syukur (2017) Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Paud Kelompok B. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, Volume 4, Nomor 2, Oktober 2017, hal 82-170
Elisabeth (2018) Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Vol. 5, No. 1, Maret 2018. e-ISSN: 2620-6641
Viera Indriyani (2021) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Media Buku Cerita Gambar Seri Di Kelompok Bermain Al Khodijah Kedundung Magersari Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 2. Nomor 3. ISSN. 5466-65214
Siti Kotijah (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Buku Cerita Bergambar di Paud Riadini Trikarya Purwodadi. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-ilmu Keislaman Volume. 7, Number. 1 April 2022, -ISSN: 2088-9453
Mutia Afnida (2016) Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK A Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1):52-59
Moeslichatoen, R. 2016. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan nasional, Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), edisi ke -3. Jakarta: Balai Pustaka, 2011.