STRATEGI PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PELATIHAN KERJA DI BLK KOMUNITAS PONPES AL-AITAAM

Authors

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Toha Konidin Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.990

Keywords:

Balai Latihan Kerja, Pembiayaan Pendidikan, Pelatihan Kerja

Abstract

Balai latihan kerja (BLK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan non-formal yang diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sejauh mana strategi dan inovasi pembiayaan pendidikan pelatihan kerja di BLK Komunitas Ponpes Al-Aitaam Bandung. Metode penelitian dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Ponpes AL-Aitaam Bandung adalah Lembaga pelatihan yang didirikan karena adanya bantuan dari pemerintah melalui Kemenaker pada tahun 2019. Bantuan yang diberikan pemerintah meliputi gedung workshop, peralatan pelatihan, operasional kelembagaan dan program pelatihan serta pelatihan bagi instruktur dan pengelola BLK komunitas. Pada dasarnya bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, namun menyebabkan kurang mandirinya BLK tersebut dalam melaksanakan program pelatihan karena bergantung pada bantuan kegiatan dari pemerintah.Upaya yang harus dilakukan oleh  Balai Latihan Kerja (BLK ) Komunitas Ponpes AL-Aitaam Bandung agar dapat memiliki kemandirian dalam menjalankan program pelatihan tanpa ketergantungan terhadap bantuan pemerintah adalah membuat setrategi, inovasi dan menggali sumber-sumber pembiayaan pelatihan dengan mengerahkan semua sumber daya yang ada di BLK. Strategi pembiayaan pendidikan di Balai Latihan Kerja (BLK ) Komunitas Ponpes AL-Aitaam Bandung hendaknya mengacu pada jaminan apa yang bisa diberikan satuan pendidikan kepada konsumen. Kalau konsumen merasa mendapatkan kepastian jaminan dengan program-programnya, maka sudah dapat dipastikan konsumen sanggup menanggung biaya yang dibutuhkan. Di sini letak strategis lmbaga diperankan untuk membaca kemauan publik terhadap layanan Balai Latihan Kerja (BLK ) Komunitas Ponpes AL-Aitaam Bandung.

 

 

References

Arifin, Zaenal . (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda

Arikunto , Suharsimi dan Lia Yuliana.(2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media

I Wayan AS. (2010). 8 Standar Nasional Pendidikan . Jakarta: Azzahra

Mulyono.(2010). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group

Mulyono.(2010). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Nanang Fatah.(2004). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purnomo , Setiawan Hari .(1996). Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Sephanie & K. Marrus. (2002). Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Press.

Supriyadi, Dedi . (2003). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah . Bandung: Remaja Rosdakarya

Usman,Nurdin . (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada

UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 13 ayat 1 mengenai jalur, jenjang dan jenis pendidikan nonformal.

https://kemnaker.go.id/news/detail/akhirnya-blk-komunitas-pertama-di-tahun-2020-diresmikan

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/02/blk-komunitas-langkah-strategis-pelatihan-angkatan-kerja

https://media.neliti.com/media/publications/294450-strategi-pembiayaan-pendidikan- pada-madr-19220f30.pdf

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Ayi Najmul Hidayat, & Toha Konidin. (2023). STRATEGI PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PELATIHAN KERJA DI BLK KOMUNITAS PONPES AL-AITAAM. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 17–26. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.990