Pengaruh Metode Yanbu’a Terhadap Peningkatan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Hujjaturrahmah Tanjung Pura

Authors

  • Yulia Yulia STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Ahmad Fuadi Ahmad Fuadi STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.992

Keywords:

Metode Yanbu’a, Membaca Al-Qur’an

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode yanbu’a terhadap peningkatan membaca al-qur’an siswa kelas VII Pondok Pesantren Hujjaturrahmah Tanjung Pura TA 2022-2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif populasi dari seluruh siswa adalah berjumlah 136 siswa. Sampel yang diteliti adalah 30 orang. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan dari uji realibitas penerapan metode Yanbu‟a adalah   (90%) dan hasil uji peningkatan membaca Al-Qur‟an adalah ( 83,33 %). Hasil tersebut dinyatakan reliabel karena lebih besar dari r table (0.413). Nilai rxy hasil analisis statistic di atas adalah nilai kolerasi penerapan metode yanbu‟a ( variabel X ) dengan peningkatan membaca Al-Qur‟an ( variabel Y ). Berdasarkan hasil hitungan tersebut diketahui bahwa nilai rxy = 0.413. Nilai rxy tersebut adalah positif. Nilai rxy hasil hitungan 0.413 dalam angka indeks kolersi diatas berada dalam kelompok 0,41 – 0,70 yang bemakna antar Variabel X dan Variabel Y terdapat kolerasi yang sedang atau cukupan. Hal ini berarti hubungan penerapan metode Yanbu‟a dengan peningkatan membaca Al-Qur‟an mempunyai tingkat kolerasi yang sedang.

 

 

 

References

Annisa Siswanti, Nurmisdaramayani, S. W. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions ( Stad ) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Viii Mts Jam ’ Iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 132–142.

Djalali. (2015). Psikologi Pendidikan (9 (Ed.)). Pt. Bumi Aksara.

Satria Wiguna. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling Islam (1st Ed.). Cv Pustaka Media Guru Indonesia.

Satria Wiguna. (2020). Keteladanan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter. As- Syar ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2, 216–227. Https://Doi.Org/10.47476/As.V2i2.589

Satria Wiguna, A. F. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Tahlilan Di Desa Batu Melenggang Kecamatan Hinai. Thawalib : Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 15–24.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Yulia, Y., & Ahmad Fuadi, A. F. (2023). Pengaruh Metode Yanbu’a Terhadap Peningkatan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Hujjaturrahmah Tanjung Pura. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 27–36. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.992