Inovasi Kepala MTS Madinatul Ilmi Dalam Penanaman Karakter Religius Siswa Menuju Madrasah Juara

Authors

  • Milda Rizki STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Diani Syahfitri STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Ahmad Zaki STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.993

Keywords:

Kepala Sekolah, Karakter Religius Siswa, Madrasah Juara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Religius Siswa Menuju Madrasah Juara di MTS Madinatul Ilmi Desa Lubuk Kertang. Jenis penelitian adalah penelitian kuatititatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan kepemimpinan Kepala Sekolah MTS Madinatul Ilmi diwujudkan dalam pelaksanaan kurikulum, pengajaran, kesiswaan, guru dan tenaga administrasi, sarana dan prasarana, serta hubungan dengan orang tua murid dan masyarakat sekitar, cenderung dilakukan Kepala Sekolah dengan menerapkan sistem kepemimpinan demogratif. Pelaksanaan Inovasi Kepala MTs Madinatul Ilmi Dalam Pembinaan Karakter Religius Siswa Menuju Madrasah Juara adalah dilakukan dengan langkah-langkah meningkatkan sistem pengajaran, membuka dialog, memberikan penghargaan, melengkapi sarana prasarana dan fasilitas serta motivasi mengajar guru dan memonitoring siswa didalam dan diluar kelas. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasinya adalah meningkatkan sistem pengajaran, membuka dialog, memberikan penghargaan, melengkapi sarana prasarana dan fasilitas serta motivasi mengajar guru dan memonitoring siswa didalam dan diluar kelas.

 

References

Abdul Razak; Satria Wiguna. (2022). Pengaruh Beasiswa Pendidikan Pada Program Indonesia Pintar ( PIP ) Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Kelas Viii Mts Alwashliyah Kecamatan Babalan. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 01(Desember), 249.

Febriyanni, R., Wiguna, S., Arafah, N., & Akmalia, R. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP DI MAS AL-Ikhwan Serapuh. 5(2), 211–222.

Raidatam Mardiyah, Nurmisdaramayani, S. W. (2022). Implementasi Metode Halaqah Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ An Di Pondok Pesantren Kampung Qur ’ An Pulau Banyak. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4).

Satria Wiguna, A. F. (2022). Implimentasi Aplikasi Absensi Multiapp V.1.0 Secara Online Dalam Motivasi Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Wampu. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(Agustus), 23–33.

Satria Wiguna, N. A. (2021). Implementasi Kurikulum Berkarakter Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Stabat. Joel : Journal Of Educational And Language Research, Vol 1 No 2(September).

Siti Rukmana, S. W. (2022). Pengaruh Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mts Ikaba Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang. Jia : Jurnal Idarah At-Ta’lim, 1(1), 33–41.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Patton. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosdakarya.

Purwanto, M. N. (2018). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,. Bandung: Alfabeta .

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Milda Rizki, Diani Syahfitri, & Ahmad Zaki. (2023). Inovasi Kepala MTS Madinatul Ilmi Dalam Penanaman Karakter Religius Siswa Menuju Madrasah Juara. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 37–45. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.993