Metode Treasure Hunt, Keaktifan siswaUpaya Penggunaan Metode Treasure Hunt Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Langkat
DOI:
https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.994Keywords:
Metode Treasure Hunt, Keaktifan siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa pada pembelajaran SKI setelah penerapan Metode Treasure Hunt di kelas VIII MTsN 1 Langkat. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam Penelitian adalah siswa kelas VIII MTs dengan jumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan tes, yang sesuai dengan prosedur penelitian dengan mengamati siklus I dan siklus II. Hasil penelitian bahwa penerapan metode Treasure Hunt dapat dilaksanakan dengan baik melalui dua siklus. Hal ini dapat diketahui melalui aktivitas yang dilakukan oleh guru pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil observasi guru pada siklus I yaitu (cukup) kemudian menjadi 87,6 (baik) pada siklus II. Selain itu metode Treasure Hunt dapat dikatakan berhasil diakrenakan hasil angket respon siswa terhhadap metode Treasure Hunt menunjukan persentase 95% ( sangat Baik). Setelah pelaksanaan metode Treasure Hunt keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil observasi pada pra siklus yaitu 57,41%. meningkat menjadi 72,90%pada siklus I dan terus mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,16%. Sehingga berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode Treasure Hunt dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran SKI di Kelas VIII VIII MTsN 1 Langkat..
References
Atika Alwinda, S. W. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancin. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4).
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
Djalali. (2015). Psikologi Pendidikan (9 (Ed.)). PT. Bumi Aksara.
Salim Dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Budiansyah, D. (2018). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Bandung: PT Ganesindo.
Jamil, S. (2018). Permainan Cerdas Dan Kreatif. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.
Syukur, F. (2017). Sejarah Peradaban Islam. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.