Metode Treasure Hunt, Keaktifan  siswaUpaya Penggunaan Metode Treasure Hunt Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Langkat

Authors

  • Khairummuna Indra STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Marhan Hasibuan STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Syarifah Syarifah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.994

Keywords:

Metode Treasure Hunt, Keaktifan  siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan   siswa pada pembelajaran SKI setelah penerapan Metode Treasure Hunt  di kelas VIII MTsN 1 Langkat. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam Penelitian adalah siswa kelas VIII MTs dengan jumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan tes,  yang sesuai dengan prosedur penelitian dengan mengamati siklus I dan siklus II. Hasil penelitian bahwa penerapan metode Treasure Hunt    dapat  dilaksanakan  dengan  baik melalui dua  siklus.  Hal  ini  dapat  diketahui melalui aktivitas  yang  dilakukan oleh  guru pada  siklus  I  dan  siklus  II  mengalami  peningkatan.  Hasil observasi  guru  pada  siklus  I  yaitu   (cukup)  kemudian  menjadi  87,6 (baik)  pada siklus  II.  Selain itu metode Treasure Hunt    dapat dikatakan berhasil diakrenakan hasil angket respon siswa terhhadap metode Treasure Hunt    menunjukan persentase 95% ( sangat Baik). Setelah pelaksanaan  metode Treasure Hunt keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil observasi  pada pra siklus yaitu  57,41%. meningkat menjadi 72,90%pada siklus I dan terus mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,16%. Sehingga berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode Treasure Hunt  dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran SKI  di Kelas VIII VIII MTsN 1 Langkat..

 

References

Atika Alwinda, S. W. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancin. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4).

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.

Djalali. (2015). Psikologi Pendidikan (9 (Ed.)). PT. Bumi Aksara.

Salim Dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Budiansyah, D. (2018). PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Bandung: PT Ganesindo.

Jamil, S. (2018). Permainan Cerdas Dan Kreatif. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Syukur, F. (2017). Sejarah Peradaban Islam. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Khairummuna Indra, Marhan Hasibuan, & Syarifah, S. (2023). Metode Treasure Hunt, Keaktifan  siswaUpaya Penggunaan Metode Treasure Hunt Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Langkat. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 46–48. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.994