Sosialisasi Ketentuan Perubahan Struktur Koperasi Di Era Pandemi Covid 19 Bersama Koperasi Hikmah Berkah Silaturahim

Authors

  • Wahyudi Fakultas Hukum Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i2.280

Keywords:

Koperasi, Pandemi covid 19, perubahan struktur

Abstract

Pandemi covid 19 mempunyai dampak yang sangat besar terhadap sektor perekonomian, tidak terkecuali bidang usaha koperasi. Menghadapi hal tersebut koperasi berusaha bertahan dengan berbagai cara, salah satunya melakukan perubahan struktur koperasi. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk menambah wawasan  pengetahuan bagi anggota koperasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melalui sosialisasi penyuluhan hukum. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini terlihat dalam simulasi rapat anggota tahunan koperasi dengan bahasan pokok perubahan struktur pengurus koperasi. Pengurus koperasi bertugas untuk mengelola kegiatan dan bidang usaha dengan tujuan untuk kesejahteraan anggota. Perubahan pengurus dilakukan melalui rapat anggota koperasi yang dilakukan secara tatap muka atau secara daring. Keputusan dari rapat anggota tahunan tersebut dilaporkan kepada pemerintah atau pemerintah daerah berdasarkan wilayah keanggotaan koperasi. Pengawasan kegiatan koperasi dilakukan oleh pemerintah sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap anggota koperasi yang terdaftar, jika dalam pengawasan ditemukan pelanggaran maka pemerintah berwenang unutk memberikan sanksi administratif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mempunyai dampak yang cukup signifikan dengan indikator pemahaman ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi anggota dan pengurus koperasi hikmah berkah silaturahim.

References

Isnanto, M. (2018). Strategi Pengembangan Koperasi Di Kabupaten Batang. Jurnal PENA, 32(1), 58-7-.

Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, S. B. (2021). Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Di Indonesia. JIEI Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1494–1498.

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pegawasan Koperasi.

Siregar, A. P. (2020). Kinerja Koperasi Di Indonesia. VIGOR: Jurnal Ilmu Pertanian Tropika Dan Subtropika, 5(1), 31–38.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Wahyudi. (2022). Sosialisasi Ketentuan Perubahan Struktur Koperasi Di Era Pandemi Covid 19 Bersama Koperasi Hikmah Berkah Silaturahim. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(2), 194–203. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i2.280

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.