Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik

Authors

  • Dina Nur Riska Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Faizal Aditya Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Ma’rifatun Utami Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Muthia Nurul Karimah Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1135

Abstract

Bagi mayoritas instruktur dan pelamar sekolah dasar selama bertahun-tahun, pembelajaran tema sangatlah menantang.. Kesulitan-kesulitan tersebut diantaranya kesulitan dalam perencanaan pembelajaran tematik, Kesulitan-kesulitan ini berdampak pada kesiapan dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan yang dialami guru dalam hal merencanakan pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pustaka. Data dalam studi ini dikumpulkan melalui dokumentasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sulit menentukan tujuan pembelajaran dan penilaian (soal, skor dan kunci jawaban); sulit menguraikan KD menjadi indikator; sulit menyusun langkah pembelajaran dalam RPP; sulit menyesuaikan metode; sulit membuat media sendiri; serta kesulitan dalam menyesuaikan materi ajar dengan siswa.

References

Efendi, M. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: Pengantar Ke Arah Pemahaman KBK, KTSP, dan SBI. 129.

Erni. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 60-65.

Gularso, D. (2017). Analisis Kesulitan Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1-14.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. 15-16.

Marlinda Mulu, Q. V. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan RPP Tematik. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar , 14-17.

Nuraini, Z. A. (2020). Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Terintegratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 1-14.

Nurasiah. (2018). Kesulitasn Guru Dalam Membuat Perangkat Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Lamreung Gugus 38. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 101-105.

Rahmayanti. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 72-90.

Widaningsih. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pengembangan RPP Tematik. Workshop Penguatan Kompetensi Guru , 1-5.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Dina Nur Riska, Faizal Aditya, Ma’rifatun Utami, Muthia Nurul Karimah, & Dede Indra Setiabudi. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 369–375. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1135